Kepala Dinas Perdagangan Pastikan Ketersediaan Kebutuhan Pokok

BALIKPAPAN - Kepala Dinas Perdagangan Disdag) Kota Balikpapan, Arzaedi Rachman memastikan bahwa stok kebutuhan pokok cukup hingga Ramadan dan Idulfitri tahun 2022 ini. Pihaknya telah melaksanakan rapat bersama sejumlah distributor, dan selanjutnya berencana melakukan intervensi pasar.

"Ini dilakukan untuk menjaga stabilitas harga bahan pokok yang ada di pasar. Sebab, menjelang bulan puasa dan Idulfitri biasanya beberapa harga bahan pokok mengalami kenaikan," tutur Arzaedi Minggu (20/3/2022).

Ia berharap tidak terjadi kenaikan harga. Ia juga meminta komitmen semua pihak termasuk pelaku usaha untuk turut menjaga stabilitas harga, serta tidak menaikan harga kebutuhan bahan pokok di kota Balikpapan.

Sementara untuk kebutuhan pokok lainnya seperti beras, cabe, bawang merah, gula, tepung, ayam, telur ayam sampai lebaran masih mencukupi. "Semoga saja masalah distribusi tidak ada hambatan lagi, serta angkutan ekspedisi bisa operasional dengan baik untuk mengangkut bahan kebutuhan pokok," katanya.

Sementara itu, menyangkut harga minyak goreng kemasan yang kini cukup variatif dan cenderung naik, ia berharap nantinya bisa menyesuaikan, tak seperti saat ini yang mencapai Rp17 ribu-Rp25 ribu per liter.

"Semoga Pasar menyesuaikan keekonomian terbarunya. Nanti dalam waktu dekat informasi yg saya terima harga CPO internasional akan terkoreksi. Artinya kembali keseimbangan barunya dan punya harga keekonomian yang sesuai dengan mekanisme pasar," pungkasnya. (diskominfo/cha/mgm)