Pemkot Balikpapan Buka Pendaftaran Beasiswa Stimulan Pendidikan Tinggi

BALIKPAPAN - Pemerintah Kota Balikpapan, melalui Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra) kembali membuka jalur pendaftaran beasiswa stimulan pendidikan tinggi tahun 2022 bagi mahasiswa ber-KTP Balikpapan. Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa Balikpapan di dalam maupun luar Balikpapan.

Program beasiswa itu ditujukan untuk lima strata, yakni Diploma III (D3), Strata I (S1) /Diploma IV (D4), Strata I (S1) khusus kedokteran baik itu umum maupun gigi, Strata II (S2), Strata III (S3).

"Ini tidak termasuk mahasiswa yang tugas belajar dibiayai oleh pemerintah dan menempuh pendidikan di luar negri," tutur Kepala Bagian (Kabag) Kesra Sukaryanto saat Kamis (24/3/2022).

Program ini telah disosialisasikan oleh Bidang Kesra Balikpapan kepada ratusan mahasiswa dari 15 perguruan tinggi yang berlangsung di auditorium Balai Kota Balikpapan (23/3/2022). Program beasiswa stimulan ini, lanjutnya, berlangsung setiap tahun sebagai ajang peningkatan SDM bagi para mahasiswa maupun mahasiswi asal Kota Balikpapan yang berprestasi.

Tahapan seleksi penerima beasiswa yakni pengumuman pendaftaran secara online, mulai 1 April dan berakhir 30 April 2022. Kemudian penerimaan penyampaian berkas administrasi yang masuk kuota dimulai pada 18 Mei hingga 30 Juni 2022, bertempat di ruang rapat bagian Kesra.

Untuk informasi selengkapnya dapat diakses di https://beasiswa.balikpapan.go.id. Informasi meliputi panduan cara pendaftaran, tahapan pendaftaran, hingga pengumuman hasil seleksi.

"Kuotanya terbatas dengan nominal yang berbeda-beda. Nanti akan ada tahapan seleksi melalui IP mahasiswa. Sistem ranking melalui IP ini dilakukan seperti tahapan PPDB online, dan ini transparan. Jadi sistem yang menentukan," tuturnya.

Dia menambahkan, meskipun sudah mendaftar dan memiliki IP yang cukup, bisa saja peserta itu gagal apabila meninggal dunia, melakukan pelanggaran pidana berdasarkan data kepolisian, mengundurkan diri, dan terakhir mahasiswa dikeluarkan (Drop Out) oleh satuan pendidikan yang bersangkutan. (diskominfo/cha/mgm)