Kunjungan Pemkab Tabalong, Tawarkan Jaringan Pemasaran Hasil Pertanian dan Hortikultura pada Pemkot Balikpapan

BALIKPAPAN - Pemerintah Kota Balikpapan menerima kunjungan kerja Pemerintah Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, Jumat (25/3/2022) pagi. Rombongan diterima langsung oleh Asisten Tata Pemerintahan Setdakot Balikpapan, Syaiful Bahri.

Rombongan Pemerintah Kabupaten Tabalong dipimpin oleh Wakil Bupati Tabalong, Drs. Mawardi M.Si., kedua daerah saling bertukar informasi mengenai daerah masing-masing.

Mendampingi Asisten Syaiful Bahri, Sekretaris Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Hidayatullah Nihe, Kepala Bagian Kerja Sama dan Perkotaan Sekda Balikpapan Arfiansyah, serta perwakilan Dinas Perdagangan dan Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perindustrian Balikpapan.

Kunjungan kerja Pemkab Tabalong ini bertujuan untuk membuka jaringan pemasaran produk hasil pertanian dan holtikultura. Oleh karenanya, Pemkab Tabalong menawarkan kerjasama tersebut kepada Pemkot Balikpapan.

Syaiful Bahri mengakui, hasil pertanian dan holtikultura di Kota Balikpapan sangatlah kecil. Sehingga, untuk mencukupi kebutuhan pangan, Balikpapan bekerjasama dengan kabupaten/kota lain.

"Balikpapan sebagian besar hasil pertanian dan holtikultura datang dari luar. Hampir semua kebutuhan kita baik sembako datangnya dari luar terutama Jawa dan Sulawesi seperti beras, tepung, gula," ungkapnya.

Kebutuhan pangan di Kota Balikpapan setiap bulannya seperti beras dibutuhkan 70.458 ton, gula pasir 1000 ton, tepung terigu 788 ton, minyak goreng 866 ton, daging sapi 155 ton, susu 205 ton dan daging ayam atau ras berjumlah 319 ton.

"Hampir semua kebutuhan diambil bukan dari wilayah kami dan sebagian besar kami datangkan dari Sulawesi melalui jalur laut. Jadi pada saat ombak besar rotasi harga terjadi,"ucapnya.

Ia menambahkan, jika nantinya ada kerjasama antara Pemkot Balikpapan dengan Pemkab Tabalong terkait hasil pertanian, mungkin ini bagian yang menjadi perhatian dalam kerjasama nantinya.

Sementara, Wakil Bupati Tabalong Drs Mawardi, M. Si. mengatakan, dirinya sangat mengagumi Kota Balikpapan. "Kami berharap dengan berada di beranda Ibu Kota Nusantara, nanti kami bisa mirip-mirip Kota Balikpapan," ungkapnya. (diskominfo/cha/mgm)