Audiensi dengan Wali Kota Balikpapan, Bawaslu Kota sampaikan Empat Poin

BALIKPAPAN - Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud menerima kunjungan audiensi dari Bawaslu Kota Balikpapan, Selasa (5/4/2022). Audiensi disambut langsung oleh Wali Kota di ruangannya.

Ketua Bawaslu Kota Balikpapan, Agustan, kunjungan ini merupakan silaturahmi untuk menyongsong tahapan kegiatan Pemilu 2024. Sesuai Undang-undang Pemerintah memberikan bantuan fasilitas kepada penyelenggara.

"Kami sekarang beralih status, yang dulu belum satker, menjadi satker. Sehingga dari pusat menyampaikan agar kami berkoodinasi dengan Pemkot untuk meminta tenaga bantuan ASN dari Pemkot untuk bertugas di Bawaslu," tutur Agustan.

Ia menjelaskan, minimal ada tiga jabatan Kasubag untuk mengisi kekosongan di Bawaslu Balikpapan. Yakni Kasubag Pengawasan, Administrasi, dan Analis Hukum. Pihaknya berharap Pemerintah Kota memberikan.

"Kemudian terkait bantuan operasional kendaraan. Arahan pusat untuk kami berkoordinasi dengan pemkot agar diberikan fasilitas kendaraan," jelasnya.

Juga untuk kantor tetap. Yakni lahan dari Pemkot Balikpapan untuk kemudian digunakan Bawaslu, yang anggaran pembangunannya dari Bawaslu RI.

"Pak wali menyampaikan bahwa Pemkot Balikpapan sedang menginventarisir lahan-lahan pemkot yang tidak terpakai. Peruntukannya adalah bagi instansi yang berkaitan dengan pelayanan masyarakat," terangnya lagi

Kemudian, audiensi ini juga dilakukan guna menyampaikan laporan akhir Bawaslu Kota. Yakni ketika tahapan Pilkada selesai Bawaslu menyampaikan laporan kepada Pemkot Balikpapan.

"Laporan sudah lama kami siapkan. Namun karena baru sekarang kami melakukan kunjungan, maka kami bisa serahkan," ungkapnya. (diskominfo/cha/mgm)