Pj Sekda Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Mahakam di Balaikota

BALIKPAPAN - Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Mahakam 2022 Kota Balikpapan dilaksanakan di Halaman Balaikota Balikpapan, Jumat (22/4/2022) pagi. Selaku inspektur upacara, Pj Sekda Kota Balikpapan, Muhaimin. Apel juga dihadiri Kapolresta Balikpapan, Kombespol Thirdy Hadmiarso dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) maupun yang mewakili, serta Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan.

Apel ini diikuti sejumlah stakeholder lainnya. Yakni TNI, Polri, Basarnas, Satpol PP, Polairud, Dinas Perhubungan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, dan lainnya.

Dalam pembacaan amanat, Pj Sekda Kota Balikpapan, Muhaimin membacakan amanat Kapolri Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo. Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2022 ini diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran Polri dengan tema "Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2022, wujud sinergi Polri dengan Instansi terkait untuk menjamin masyarakat aman dan sehat dalam perayaan Idulfitri 1443 H/2022".

Menurutnya, Pemerintah telah menetapkan libur nasional hari raya Idulfitri tahun 2022 pada tanggal 2 dan 3 Mei 2022. Selanjutnya juga ditetapkan cuti bersama Idulfitri mulai tanggal 29 April, lalu dilanjutkan tanggal 4 sampai dengan 6 Mei 2022.

"Berbeda dengan Idulfitri tahun lalu, pada tahun ini pemerintah memberikan kelonggaran kepada masyarakat untuk dapat merayakannya dengan berkumpul bersama keluarga. Kegiatan mudik tidak dilarang, selain itu juga tidak dilakukan penyekatan-penyekatan di jalur-jalur lintasan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik," ungkapnya.

Meskipun situasi pandemi COVID-19 di Indonesia saat ini sudah terkendali, dimana tingkat penularan berada di bawah angka 1, dengan positivity rate dan BOR rumah sakit berada dibawah standar WHO, namun masyarakat perlu tetap mengingat bahwa pandemi belum sepenuhnya selesai.

"Kita semua harus selalu waspada dengan tingkat mobilitas masyarakat yang sangat tinggi dan sangat rawan terhadap terjadinya transmisi COVID-19 menjelang dan pasca perayaan Idulfitri tahun 2022. Sehingga diperlukan langkah-langkah sinergis dengan seluruh stakeholder terkait agar masyarakat aman dan sehat dalam merayakan rangkaian Idulfitri," tuturnya.

Amanat Kapolri juga menyampaikan mengenai percepatan vaksinasi dosis tiga, pengamanan objek vital termasuk bandara, terminal, pelabuhan, dan tempat wisata maupun pusat perbelanjaan.

Sementara itu, Kapolresta Balikpapan, Kombespol Thirdy Hadmiarso usai kegiatan menjelaskannya mengenai Operasi Ketupat Mahakam 2022. Nantinya operasi ini akan melibatkan 250 pasukan. Pos yang disiapkan meliputi Pos Pengamanan, Pos Pelayanan, dan Pos Terpadu.

"Kami berharap pelaksanaan operasi bisa berjalan aman dan lancar. Juga masyarakat, walaupun kota Balikpapan ini berada di level satu PPKM, namun jangan terlalu euforia, karena pandemik belum berakhir," tuturnya. Total ada tiga pos terpadu, enam pos pengamanan, dan lima pos pelayanan. (diskominfo/cha/mgm)