Disdikbud Kota Balikpapan Laksanakan Persiapan PPDB untuk Jenjang TK, SD, dan SMP

BALIKPAPAN - Pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2022 jenjang TK, SD dan SMP segera dilaksanakan. Hingga saat ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan bersama sekolah-sekolah masih melakukan persiapan.

Kepala Disdikbud Kota Balikpapan, Purnomo mengatakan, petunjuk teknis (Juknis) mengenai PPDB tersebut telah dibuat. Pelaksanannya akan dimulai pada 10 Juni 2022 nanti, untuk ketiga jenjang.

Untuk pendaftaran SD dan SMP dilakukan secara online melalui website PPDB. Sementara untuk TK melalui offline. "Untuk SD dan SMP dilaksanakan secara online melalui website htps://balikpapan.siap-ppdb.com,” kata Purnomo.

PPDB pada tahun ini, lanjut Purnomo, masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Ada empat jalur yang disiapkan, yakni afirmasi, perpindahan, prestasi dan zonasi. "Masih sama dengan tahun lalu. Zonasi yang paling banyak kuotanya,” ungkapnya.

Untuk diketahui, jalur zonasi dibuka bagi peserta didik yang berada di dalam wilayah zonasi atau ring. Sementara untuk afirmasi adalah jalur pendaftaran diperuntukkan bagi peserta didik yang menerima program penanganan keluarga ekonomi tidak mampu dari pemerintah pusat atau daerah.

Jalur perpindahan diperuntukkan bagi peserta didik yang berasal dari luar daerah karena mengikuti kepindahan tugas orang tua atau wali. "Ini membutuhkan dokumen kepindahan," katanya.

Sementara itu untuk jalur prestasi diperuntukkan bagi peserta didik yang memiliki nilai dan hasil kompetisi, serta prestasi khusus di bidang keagamaan. "Dan ditunjukkan dengan piagam atau sertifikat yang dilegalisasi Kementerian Agama," lanjutnya.

Hingga kini diakui Purnomo persoalan daya tampung masih kerap jadi kendala. Lulusan SD sekira 13 ribu lebih, sementara daya tampung SMP hanya 6 ribu.

“Artinya 50 persen tidak tertampung anak-anak kita. Di sini kita harapkan juga peran dari sekolah swasta. Itu harus maksimal dan berkualitas untuk menarik minat peserta didik,” tandasnya. (diskominfo/cha/mgm)

Jadwal Pelaksanaan PPDB Kota Balikpapan

- 10-29 JUNI 2022
Verifikasi dan Validasi di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan
-20-30 JUNI 2022
Pendaftaran Daring dan Luring
-1 JULI 2022
PENGUMUMAN
-2-4 JULI 2022
DAFTAR ULANG
-11 JULI 2022
Hari Pertama Masuk Sekolah
-11-13 JULI 2022
Kegiatan Pengenalan Lingkungan sekolah