DP3AKB Gelar Lomba Teknologi Tepat Guna, Diharap Bisa Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

BALIKPAPAN - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Balikpapan melaksanakan kegiatan lomba Teknologi Tepat Guna yang ke-8 tingkat Kota Balikpapan. Kegiatan ini dibuka Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Balikpapan, Adamin Siregar mewakili Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud.

Kepala DP3AKB, Alwiati mengungkapkan, dari kegiatan ini diharapkan masyarakat Kota Balikpapan berkunjung di stand para peserta di Mal Plaza Balikpapan yang dibuka selama tiga hari, yakni 10-12 Juni 2022.

"Kami di sini mengakomodir hasil karya masyarakat Balikpapan. Ini merupakan produk inovatif yang bisa meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat. Karena bisa diperdagangkan dan menambah income keluarga," tuturnya usai melihat stand peserta (10/6/2022) di area belakang Plaza Balikpapan.

Peserta ini menjual juga berbagai produk dari PKK Kecamatan dan Kelurahan yang bisa dibeli pengunjung. Setelah dibuka hari ini, kegiatan akan dilanjutkan dengan penilaian oleh juri. "Besok tiap peserta akan mempresentasikan kepada dewan juri," katanya.

Di hari terakhir kegiatan akan diumumkan pemenang lomba tersebut. Keseluruhan ada enam kecamatan, tiga sekolah, dan karang taruna. Ketiga sekolah yang mengikuti lomba ini adalah SMP 22, SMK 1 dan SMA 1. "Kemudian juara 1 akan kami bawa ikut lomba di tingkat provinsi," tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Diskominfo Kota Balikpapan membacakan sambutan Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud. Ia menyampaikan, implementasi teknologi tepat guna ini merupakan salah satu instrumen strategis dalam rangka mengoptimalkan pendayagunaan sumber daya secara berkelanjutan.

"Yang mampu memberikan nilai tambah bagi kesejahteraan masyarakat. Yang pada gilirannya akan memberikan kontribusi terhadap daya saing daerah," tutur Adamin.

Terlebih Balikpapan sebagai daerah yang nantinya akan menjadi penyangga Ibu Kota Negara (IKN), ada banyak orang akan pindah ke Balikpapan. Sehingga teknologi tepat guna jadi salah satu solusi masyarakat Balikpapan untuk bisa bersaing secara mandiri di berbagai bidang.

"Termasuk menggerakkan roda ekonomi sekaligus menjaga agar Balikpapan tetap menjadi rumah yang nyaman dihuni bagi kita semua," katanya.

Apalagi dengan kemajuan teknologi digital di era industri 4.0, tentunya memberi kesempatan masyarakat untuk berkreasi. Mewujudkan berbagai konsep teknologi yang sebelumnya hanya bisa dibayangkan.

"Saat ini sudah dapat diwujudkan. Sejalan dengan itu saya juga mengajak seluruh pihak untuk mengubah mindset. Dari yang sebelumnya sebagai objek konsumtif, selanjutnya bisa memanfaatkan teknologi sebagai subjek yang produktif," ujarnya.

Dengan begitu, lanjut Adamin, dapat disinergikan dengan komitmen membangun dan memajukan industri kreatif di kota Balikpapan.

Kepala Diskominfo Kota Balikpapan juga membuka kegiatan Lomba teknologi tepat guna mewakili Wali Kota. Pembukaan lomba ditandai dengan menekan tombol sirine oleh Kepala Diskominfo dan Kepala DP3AKB. (diskominfo/cha/mgm)