Wali Kota Lantik Dewan Pengawas Dua Perumda Kota Balikpapan

BALIKPAPAN - Wali Kota Balikpapan, RahmadMas'ud melantik Dewan Pengawas Perumda Manuntung Sukses dan Perumda Tirta Manuntung Balikpapan 2022-2026 pada Senin (13/6/2022) di Aula Balaikota Balikpapan.

Masing-masing terdiri dari orang dewan pengawas, satu dari unsur pemerintah kota dan dua dari unsur independen. Meliputi, untuk dewan pengawas Perumda Manuntung Sukses yakni Agus Budi Prasetyo dari unsur pejabat Pemerintah Kota Balikpapan, serta Andi Aktifuddin dan Rosman dari unsur independen.

Kemudian dewan pengawas Perumda Tirta Manuntung Balikpapan yakni, Muhaimin dari unsur pejabat Pemerintah Kota Balikpapan, serta Rusdhie A Gani T Sanua dan Supriyadi dari unsur independen.

Dalam sambutannya, Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud mengucapkan selamat kepada mereka yang telah dilantik. Diharapkan, mereka dapat menunjukkan kinerja optimal. Juga mampu mendorong internal maupun eksternal perumda, demi peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Adapun pengambilan sumpah dewan pengawas perumda ini merupakan pelaksanaan amanat Peraturan Pemerintah nomor 54 tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Juga Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 37 tahun 2018 tentang pengangkatan dewan pengawas atau komisaris dan direksi BUMD.

"Proses seleksi dewas Perumda Manuntung Sukses dan Perumda Tirta Manuntung Balikpapan ini sudah dilaksanakan sesuai prosedur. Dimana prosesnya sepenuhnya diserahkan pada tim seleksi. Proses setelah dilaksanakan dengan independen dan bebas dari intervensi," ungkap wali kota.

Tahapan seleksi hingga menghasilkan nama-nama calon dewan pengawas, antara lain seleksi administrasi, penetapan bakal calon, uji kelayakan dan kepatutan, serta wawancara akhir dan penetapan bakal calon menjadi calon dewan pengawas.

Kemudian ditetapkan calon anggota dewan pengawas menjadi dewan pengawas terpilih Perumda. "Saya berharap tentunya kinerja yang diamanatkan kepada para dewan pengawas mampu meningkatkan PAD (pendapatan asli daerah) Kota Balikpapan," harapnya.

Dengan begitu apa yang jadi keinginan bersama, itu bergotong-royong membangun kota Balikpapan dalam hal peningkatan PAD ini dapat terealisasi dengan baik.

"Terima kasih juga kepada tim seleksi yang luar biasa. Dewan pengawas terpilih saya harap amanat ini dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Kinerja anda akan kami perhatikan. Jika tidak sesuai harapan pemerintah kota Balikpapan, terpaksa bisa di reshuffle ulang. Maka berikan yang terbaik," tandasnya. (diskominfo/cha/mgm)