Tahapan Pemilu 2024 Diluncurkan, KPU Balikpapan Ajak Seluruh Pihak Mengawal Bersama

BALIKPAPAN - Peluncuran Tahapan Pemilu 2024 dilaksanakan Selasa (14/6/2022) malam di Jakarta. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan bersama sejumlah pejabat Pemerintah Kota, Bawaslu Kota, unsur TNI, Polri, organisasi mahasiswa, serta awak media menyaksikan bersama di Aula Kantor KPU Balikpapan.

Dari unsur Pemerintah Kota Balikpapan hadir Asisten Tata Pemerintahan Setdakot Syaiful Bahri, Kepala Badan Kebangpol Adwar Skenda, serta Kepala Diskominfo Adamin Siregar.

Asisten Setdakot Balikpapan, Syaiful Bahri yang hadir mengungkapkan, dengan adanya peluncuran tahapan pemilu ini, diharapkan pada pelaksanaannya nanti dapat berjalan dengan lancar sesuai aturan undang-undang nomor 7 tahun 2017.

"Bahwa tahapan ini minimal 20 bulan. Ya dilaksanakan. KPU sebagai penyelenggara, kami berharap pelaksanaan pemilu ini menghasilkan yang terbaik," katanya.

Dalam hal ini Ketua KPU Kota Balikpapan, Noor Thoha mengungkapkan, pelaksanaan pemilu akan dikawal bersama di tahun 2024 nanti. Launching hari ini memberi isyarat bagi warga masyarakat untuk berpartisipasi aktif menyambut pemilu 2024. Terlebih yang nanti aktif di partai politik.

Untuk diketahui, Pemilu 2024 telah ditetapkan akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024. Kemudian Pilkada di tahun yang sama akan dilaksanakan pada 27 November 2024.

"Setelah ini tahapannya, dari anggaran dan regulasi akan disusun pusat. Kemudian masuk akhir Juli menjelang Agustus sudah kita buka pendaftaran untuk partai politik. Tapi tersentral di Jakarta," tutur Thoha.

Setelah itu KPU RI akan menurunkan berkas ke KPU Kabupaten/Kota. Sehingga ada partai politik yang diverifikasi administrasi saja, dan ada yang diverifikasi administrasi dan faktual.

"Nanti tergantung apakah partai politik itu masuk parliamentary treshold atau tidak," katanya.

Sementara pihak KPU Balikpapan akan segera melakukan sosialisasi tahapan yang telah ditetapkan sesuai PKPU nomor 3 akan disosialisasikan pada partai politik dan masyarakat. "Yang jelas KPU Balikpapan siap melaksanakan tahapan pemilu 2024," katanya. (diskominfo/cha/mgm)