Pemprov Gelar Library Tour dan Temu Pegiat Literasi bersama Duta Baca Indonesia Gola Gong


BALIKPAPAN - Pemerintah Kota Balikpapan menyambut kegiatan Library Tour dan Temu Pegiat Literasi yang digelar Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur bersama Duta Baca Indonesia, penulis senior, Gola Gong. Kegiatan dilaksanakan di Plaza Balikpapan, Senin (20/6/2021) malam.

Mewakili Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (Disputakar), Sutadi hadir membacakan sambutan wali kota.

Ia mengungkapkan, masyarakat Indonesia semestinya memiliki budaya gemar membaca. Karena dengan membaca dapat memahami suatu persoalan.

"Dengan memahami, kita bisa menganalisis. Pada akhirnya kita dapat menjadi manusia yang mampu memberikan solusi atas berbagai persoalan sehari-hari," tutur Sutadi.

Melalui kegiatan temu pegiat literasi bersama duta baca Indonesia, Gola Gong, diharapkan kegiatan membaca bisa menjadi budaya. "Saya mengapresiasi gerakan pemasyarakatan minat baca (GPMB) Kaltim yang bekerjasama dengan perpustakaan Provinsi dan Kabupaten/Kota se Kaltim. Melakukan konvoi perpustakaan keliling disertai Festival Literasi," ungkapnya.

Pemerintah Kota Balikpapan juga menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas seluruh pihak yang terus berupaya meningkatkan sumber daya manusia.

Mewakili Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi, Kepala Disputakar Provinsi Kaltim, Taufik. Ia menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang melaksanakan kegiatan ini dengan baik dan lancar.

"Apresiasi dan terima kasih kepada mas Gola Gong yang hadir di Kaltim. Saya juga menyampaikan, bahwa tujuan utama wisata perpustakaan ini untuk melakukan edukasi kampanye perpustakaan Kaltim," terang Taufik.

Ia melanjutkan, dengan adanya rangkaian konvoi perpustakaan keliling ini, layanan perpustakaan akan lebih mudah dijangkau masyarakat secara merata. "Perpustakaan keliling memiliki 1.500 koleksi tiap melakukan kunjungan. Layanan ini bersifat mengantarkan perpustakaan ini kepada masyarakat," tandasnya. (diskominfo/cha/mgm)