Diskominfo Laksanakan Workshop Pengisian Aplikasi SPBE

BALIKPAPAN - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Balikpapan menggelar workshop pengisian aplikasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Jumat (24/06/2022). Aplikasi ini dimaksudkan untuk menampung seluruh eviden dan mengukur progres pelaksanaan SPBE di perangkat daerah di lingkungan Pemkot Balikpapan.

Peserta dikenalkan dengan laman spbe.go.id yang di dalamnya, tiap perangkat daerah memiliki satu akun untuk mengakses apliksi.

Pada tiap kordinator perangkat daerah bisa menambahkan eviden yang berkaitan dengan SPBE. Sesuai peta jalan yang sudah ada di dalam aplikasi tersebut.

Workshop ini dipimpin Kepala Diskominfo Kota Balikpapan, Adamin Siregar didampingi Kabid e-Government, Raihanah Rahmah.

"Ini tindak lanjut rapat sebelumnya. Kami undang untuk menggunakan aplikasi. Penilaian mandiri SPBE dalam rangka ada penilaian dari Kementerian PANRB nantinya," ungkap Adamin.

Ia berharap, para peserta adalah koordinator dan merupakan orang yang juga hadir di kegiatan sebelumnya. "Sehingga berlanjut dan sudah memahami," katanya.

Lebih lanjut, terkait peta rencana, Pemerintah Kota Balikpapan telah memiliki arsitektur tahapan pelaksanaan SPBE. Diharapkan tiap OPD dapat membaca arsitektur SPBE tersebut sehingga tidak ada yang tertinggal.

"Apabila ada peta jalan yang di tahun 2021 belum dikerjakan, maka sebisa mungkin bisa dilaksanakan di tahun 2022 ini. Yang kaitannya dengan anggaran, terkait peta rencana SPBE ini. Diharapkan perangkat daerah dapat memasukkan anggaran ke dalam anggaran DPA masing-masing," lanjutnya. (diskominfo/cha/mgm)