Pemkot Balikpapan dan Pemkab Gorontalo Lakukan Kerjasama Terkait Pemenuhan Kebutuhan

BALIKPAPAN - Wali Kota Balikpapan melaksanakan penandatanganan nota kesepahaman dengan Bupati Gorontalo, Rabu (29/6/2022) di Ruang VIP Balaikota Balikpapan. Ini adalah tindak lanjut dari kunjungan Pemerintah Kabupaten Gorontalo sebelumnya beberapa waktu lalu.

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo mengungkapkan, kerjasama yang dilakukan ini lantaran Balikpapan, umumnya Kalimantan Timur diyakini berkembang dengan pesat. "Ini peluang daerah. Kami pun secara geografis dekat, antara Sulawesi dengan Kalimantan. Kemudian kita punya potensi masing-masing," tuturnya. 

Potensi Kabupaten Gorontalo meliputi sapi, juga bahan pangan dan lainnya. Sementara Balikpapan memiliki potensi batubara, kerajinan, dan plywood. Ini menurutnya dapat dikerjasamakan. 

"Karena kita jangan hanya bangga jika bekerja sama dengan luar negeri. Tapi antara kita sendiri mesti dikerjasamakan," katanya. 

Kerjasama ini diharapkan juga menjadi upaya membangkitkan kembali perekonomian kedua daerah. Kerjasama ini tak hanya untuk perekonomian, namun juga budaya dan olahraga. 

Sementara, Wali Kota Rahmad Mas'ud menyambut baik adanya kerjasama ini. Kerjasama dengan sejumlah daerah yang dilakukan Pemerintah Kota Balikpapan adalah upaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat kota di sejumlah sektor. "Misalnya fokus di kebutuhan sandang dan pangan," katanya. (diskominfo/cha/mgm)