DP3AKB dan TP PKK Balikpapan Gelar Rapat Finalisasi HKG PKK dan BBGRM bersama DPM - Pemdes Kaltim

BALIKPAPAN - Kota Balikpapan dipilih menjadi lokasi pelaksanaan Hari Kesatuan Gerak PKK dirangkai pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) tahun 2022 Provinsi Kalimantan Timur yang akan digelar awal Agustus nanti.

Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) dan Tim Penggerak PKK Kota Balikpapan bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Provinsi Kaltim melaksanakan rapat finalisasi kegiatan pada Jumat (15/7/2022) di Aula Balaikota Balikpapan.

Dalam kesempatan tersebut, sebagai pimpinan rapat, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Provinsi Kaltim (DPM - Pemdes) Sirajudin. Ia menyampaikan teknis terkait penyelenggaraan kegiatan yang berlokasi di sejumlah tempat.

"Untuk tema masih tetap tidak berubah, Lima puluh tahun gerakan PKK, berbakti untuk bangsa, berbagi untuk sesama, dan menggelorakan gotong royong masyarakat menuju Kalimantan Timur yang Berdaulat," sebutnya.

Ia menyebutkan, lokasi acara terdiri dari tiga tempat. Pertama di Hotel Grand Tjokro Balikpapan, Mal BSB, dan Kebun Raya Balikpapan.

Sementara Kepala DP3AKB Kota Balikpapan, Alwiati mengungkapkan, acara ini adalah kegiatan perayaan HKG yang merupakan ulang tahun PKK, yang pelaksanaan di tingkat provinsi terpusat di kota Balikpapan.

"Ada lomba-lomba yang dilaksanakan. Ya itu lomba pokja-pokja di PKK yang dilaksanakan di hotel Grand Tjokro. Selain itu juga digelar pameran UPPKA (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor) dari UP2K (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga) PKK," terang Alwiati.

Dan pameran ini, lanjut dia, akan diramaikan oleh semua kabupaten/ kota se Kalimantan Timur. Pameran tersebut akan berlangsung di BSSC Dome.

"Ketiga dilaksanakan penanaman pohon sekaligus pengenalan jahe Balikpapan di Kebun Raya Balikpapan. Acara ini juga kita rangkaikan dengan bulan bakti gotong royong," terangnya.

Nantinya juga akan ada pemberian penghargaan dari Gubernur Kaltim untuk Kelurahan Teritip yang berhasil meraih juara 1 tingkat provinsi, untuk lomba BBGRM.

"Jadi ada dua acara yang dilaksanakan bersamaan," jelasnya. Untuk kegiatan BBGRM ini yang terlibat adalah LPM seluruh kabupaten/ kota.

Kegiatan rapat finalisasi ini juga dilanjutkan dengan kunjungan lokasi-lokasi atau tempat pelaksanaan acara. "Ya itu hotel Grand Tjokro, Mal BSB hari ini, dan Kebun Raya Balikpapan besok," tandasnya. (diskominfo/cha/mgm)