Balikpapan Terima Tiga Kriteria Penghargaan Nirwasita Tantra dari Kementerian KLHK

BALIKPAPAN - Pada tahun 2022 ini Kota Balikpapan kembali meraih tiga penghargaan Nirwasita Tantra dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Penghargaan di bidang lingkungan tersebut diterima langsung oleh Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud; Ketua DPRD, Abdulloh; dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Sudirman Djayaleksana (20/7/2022) di Jakarta.

Masing-masing penghargaan tersebut yakni terbaik ke-2 Nirwasita Tantra kriteria Pemerintah Daerah kategori Kota Besar, terbaik ke-3 Green Leadership Nirwasita Tantra kriteria Kepala Daerah kategori Kota Besar, dan terbaik Ke-2 Green Leadership Nirwasita Tantra kategori DPRD Tingkat Kota Besar.

Sekretaris DLH Kota Balikpapan, Nursyamsiarni D Larose mengungkapkan, Balikpapan masuk sebagai kategori kota besar. Dalam hal ini baik Wali Kota Balikpapan, maupun Ketua DPRD Kota Balikpapan dianggap memiliki komitmen dalam menjalankan kepemimpinan hijau.

"Kedua tokoh ini dinilai, dalam pembangunan, lingkungan menjadi hal yang penting. Sehingga keduanya memenuhi green leadership," tuturnya.

Dalam proses penilaiannya, KLHK menggunakan dokumen informasi kinerja pengelolaan lingkungan hidup tahun 2021. Di dalamnya termuat data, informasi, serta inovasi terkait lingkungan hidup yang dilaksanakan oleh Kota Balikpapan.

"Ini menjadi cermin komitmen Pemerintah Kota eksekutif dan legislatif. Tim penilai telah melakukan pengecekan pada data yang dikirimkan," terangnya. (diskominfo/cha/mgm)