Pemkot Balikpapan Gelar Rapat Hari Kemerdekaan RI, Warga Diimbau Dukung 10 Juta Bendera

BALIKPAPAN - Pemerintah Kota Balikpapan, bersama unsur forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) Kota Balikpapan melaksanakan rapat membahas Hari Kemerdekaan RI, 17 Agustus. Rapat dilaksanakan di VIP Room Kantor Balaikota, Selasa (26/7/2022), dipimpin Wali Kota, Rahmad Mas'ud bersama Ketua DPRD Abdulloh.

Sejumlah hal yang dibahas, meliputi kondisi COVID-19 Kota Balikpapan, juga pelaksanaan kegiatan perayaan HUT ke-77 RI tersebut. Serta mengenai kebijakan dan imbauan Pemerintah Pusat terkait pelaksanaan kegiatan Hari Kemerdekaan.

"Insyaallah kita akan melaksanakan upacara bendera di Lapangan Merdeka. Nanti peserta tidak lebih dari seribu orang. Kita harus tetap membatasi dan melaksanakan protokol kesehatan," tutur Wali Kota Rahmad Mas'ud.

Dari Kementerian Dalam Negeri juga mengimbau agar dilakukan pengibaran 10 juta bendera se Indonesia di momen 17 Agustus nanti. "Saya mengajak masyarakat berpartisipasi mengibarkan bendera merah-putih di rumah masing," tuturnya.

Selain itu pemerintah juga mendukung jika masyarakat ingin melaksanakan kegiatan terkait momen tersebut. Pemerintah Kota Balikpapan berencana mengadakan lomba gapura untuk diikuti masyarakat Kota Balikpapan.

"Saya berharap, momentum ini kita sambut dan manfaatkan dengan baik. Terlebih karena adanya kelonggaran, sehingga kita bisa berpartisipasi mensukseskan hari kemerdekaan Indonesia," katanya.

Pemerintah Kota tetap mengawasi pelaksanaan kegiatan masyarakat, yang terpenting tetap menerapkan protokol kesehatan dan tidak menghadirkan lebih dari 1.000 orang. "Kegiatan di kampung-kampung kan biasanya diikuti tidak lebih dari 1.000 orang. Jadi bisa tiap kampung mengadakan agar tidak terpusat kegiatan di satu titik," tandasnya. (diskominfo/cha/mgm)