TP PKK Kota Balikpapan Gelar Peringatan Hari Kesatuan Gerak ke-50

BALIKPAPAN - TP PKK Kota Balikpapan menggelar peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-50 di BSSC Dome, Kamis (28/7/2022). Kegiatan ini dihadiri TP PKK Kota Balikpapan tingkat kota, kecamatan, hingga kelurahan. 

Dalam kesempatan tersebut, Ketua TP PKK Kota Balikpapan, Nurlena Rahmad Mas'ud membacakan sambutan Ketua PKK Pusat, Tri Tito Karnavian. Ia menyampaikan, tahun ini merupakan peringatan tahun emas PKK. 

"Sehingga saya mengingatkan agar gerakan PKK kembali pada rohnya. Yaitu sebagai gerakan masyarakat untuk pemberdayaan keluarga. Artinya keluarga lah yang harus jadi fokus perhatian kita," ungkap Nurlena. 

Keluarga adalah unit terkecil di masyarakat. Sehingga apabila keluarga di Indonesia dapat diberdayakan sesuai dengan kebutuhannya, maka gerakan PKK juga berpotensi memberdayakan masyarakat secara keseluruhan. 

Mengangkat tema "50 tahun gerakan PKK, berbakti untuk bangsa, berbagi untuk sesama". Menurutnya tema ini harus melekat di sanubari sebagai keluarga besar gerakan PKK.

"Ini harus menjadi tekad kita untuk bersama. Mendedikasikan semua pengabdian dan kiprah untuk gerakan PKK. Untuk bersama memajukan dan mensejahterakan masyarakat. Yang berarti juga mensejahterakan bangsa Indonesia," tuturnya.

Diharapkan dinamika perjalanan gerakan PKK bisa jadi bahan pembelajaran. Bahwa upaya memberdayakan keluarga dan masyarakat perlu dilakukan dengan pendekatan, citarasa dan karsa. 

"Yakni dengan hati dan niat yang tulus. Oleh karena itu gerakan PKK pada hakikatnya dilakukan dnegan pendekatan partisipatif dan kerjasama," jelas Nurlena. 

Momentum peringatan HKG ini juga harusnya dapat dimanfaatkan untuk jadi media mawas diri secara kelembagaan dan evaluasi dalam program. 

"Sesuai pembahasan Rakernas IX tahun 2021, diharapkan langkah penyesuaian manajemen kelembagaan tim penggerak PKK dapat dilakukan di semua jenjang," ungkapnya. 

Ini menjadi penting karena pada hakekatnya program-program PKK dapat terlaksana secara baik dan tepat sasaran. Apabila dikelola oleh sistem kelembagaan yang juga baik.

Sementara, Pembina TP PKK Kota Balikpapan, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud menyampaikan, setelah peringatan HKG PKK Kota Balikpapan, Balikpapan akan menjadi tuan rumah HKG PKK tingkat provinsi Kalimantan Timur pada Agustus mendatang. 

Ia berharap peringkat HKG tingkat Provinsi Kaltim ini bisa terselenggara dengan baik. Ia berpesan agar TP PKK Balikpapan selalu menjaga kekompakan. "Juga peka dan peduli terhadap persoalan di masyarakat. Juga ikut serta memberi solusi atas permasalahan tersebut," tutur Wali Kota Balikpapan.

Dalam kesempatan ini PKK Kota Balikpapan juga melaksanakan penandatanganan nota kesepahaman bersama Dinas Perpustakaan dan Arsip (Disputakar), berkaitan dengan peningkatan literasi dan keterampilan untuk kesejahteraan keluarga. 

Tak hanya itu, PKK juga menandatangani nota kesepahaman bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Kesehatan, dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM). Nota kesepahaman ini terkait pendampingan kekerasan terhadap perempuan dan anak serta pengasuhan keluarga. (diskominfo/cha/mgm)