Wagub Tutup Peringatan HKG PKK dan BBGRM Kaltim, Apresiasi Balikpapan Sebagai Tuan Rumah

BALIKPAPAN - Puncak peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-50 dirangkai pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-19, tahun 2022 Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dilaksanakan di BSSC Dome, Rabu (3/8/2022). Kegiatan ini hadiri Wakil Gubernur, Hadi Mulyadi dan istri, Ketua TP PKK Kaltim, Erni Makmur Hadi Mulyadi.

Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud beserta istri, Ketua TP PKK Kota Balikpapan, Nurlena Rahmad Mas'ud menyambut kedatangan para tamu dan undangan. Wali kota mengucapkan selamat datang juga untuk sejumlah wali kota/bupati dan yang mewakili, dalam acara penutupan ini.

Wali Kota Balikpapan menuturkan, dirinya sebagai tuan rumah Kota Balikpapan memberikan apresiasi. Terutama kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dan pejabat kabupaten/kota se Kaltim yang hadir.

"Mudah-mudahan momentum pasca pandemik COVID-19, walau belum berakhir, kita selalu mengingatkan kepada warga kita agar taat pada protokol kesehatan.

Sementara, Ketua TP PKK Kota Balikpapan, Nurlena Rahmad Mas'ud menyampaikan, pihaknya sangat bersyukur karena kegiatan tersebut bisa dilaksanakan di kota Balikpapan secara tatap muka. Setelah sebelumnya selama 2 tahun dilakukan secara virtual.

"Alhamdulillah, peringatan HKG PKK dan BBGRM tahun ini bisa mendapatkan respon yang positif. Terbukti dengan partisipasi sekira 800 orang peserta dari PKK maupun LPM se Kalimantan Timur," sebutnya.

Dengan adanya kegiatan ini, selanjutnya, seluruh pihak diminta meningkatkan integrasi sosial dan menumbuhkan semangat gotong royong.

"Serta berupaya memberdayakan masyarakat. TP PKK juga diharapkan dapat mengajak keluarga Indonesia, untuk menjadi keluarga cerdas sejahtera tangguh" tuturnya.

Merupakan kebanggaan dan kehormatan warga Kota Balikpapan, menjadi tuan rumah kegiatan peringatan ini. Di mana kader-kader dapat bersilaturahmi dan bertukar pikiran. Sekaligus sebagai sarana refreshing kader PKK maupun LPM.

"Dari momentum ini diharap menambah wawasan dan motivasi, untuk bersama membangun masyarakat yang sehat dan sejahtera," katanya.

Kegiatan ini juga dirangkai dengan berbagai kegiatan. Baik jalan santai, beberapa perlombaan yang diikuti kader dari Pokja I - IV, juga rapat koordinasi, dan konsultasi kader PKK dengan pejabat dan stakeholder, terkait pembinaan keluarga dan pemberdayaan masyarakat.

Serta rapat koordinasi LPM kabupaten/kota se Kalimantan Timur yang menghasilkan beberapa kesepakatan. Dengan tujuan mensejahterakan masyarakat sejalan dengan salah satu lirik mars LPM. "LPM berkarya, masyarakat sejahtera," tuturnya.

Keberadaan stand pameran juga bisa menjadi upaya peningkatan pendapatan keluarga. "Dapat dilihat upaya kader PKK untuk bangkit meskipun terdampak pandemik COVID-19," katanya.

Sementara, Wakil Ketua TP PKK Provinsi Kaltim, Erni Makmur Hadi Mulyadi menyampaikan, keluarga harus jadi fokus perhatian dan diberdayakan.

"Karena keluarga adalah unit terkecil masyarakat. Karena mereka bisa diberdayakan. Karena gerakan PKK berpotensi memberdayakan mereka secara keseluruhan," tuturnya.

Upaya pemberdayaan keluarga dan masyarakat perlu dilakukan dengan pendekatan cipta, rasa dan karsa. Yakni dengan hati dan niat yang tulus. "Oleh karena itu, gerakan PKK pada hakekatnya dilakukan dengan pendekatan partisipatif dan kerjasama," katanya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Hadi Mulyadi menuturkan, dirinya menyambut baik dan mengucapkan selamat kepada kota Balikpapan yang telah menjadi tuan rumah yang luar biasa. Juga karena Balikpapan berhadil memboyong juara satu di beberapa kategori. "Juga Kutai Timur yang menjadi juara umum dalam kegiatan ini," katanya. (diskominfo/cha/mgm)