Mantan Wali Kota Imdaad Hamid Tutup Usia, Gubernur Kenang Jasa Almarhum

BALIKPAPAN - Jenazah Wali Kota Balikpapan tahun 2001-2011, H. Imdaad Hamid S.E. diserahkan langsung kepada Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud oleh pihak keluarga, Rabu (3/8/2022) di rumah duka, Jalan Wiluyo Puspoyudo Nomor 1, Balikpapan Kota. Usai prosesi tersebut, jenazah dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Gunung Bahagia.

Sebelumnya pihak keluarga sempat melaksanakan salat jenazah di rumah duka. Yang kemudian dilanjutkan salat jenazah para pejabat dan tamu di Masjid At Taqwa, Balikpapan Kota, usai ashar.

Almarhum dinyatakan meninggal dunia sekira pukul 00.30 WIB di Jakarta. Jenazah mantan Wali Kota Balikpapan ini kemudian dibawa dari Jakarta dan tiba sekira pukul 14.00 Wita di Bandara Sepinggan Balikpapan.

Turut hadir di rumah duka, Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor; Wakil Gubernur, Hadi Mulyadi; mantan Wali Kota, Rizal Effendi; unsur Forkopimda Kota Balikpapan, sejumlah pejabat di lingkungan pemerintah Kota Balikpapan, dan sejumlah pejabat lainnya.

Pihak keluarga diwakili Anak almarhum, Muhammad Dimyati Reza menyampaikan, atas nama keluarga menyerahkan ayahanda kepada Pemerintah Kota Balikpapan untuk dimakamkan.

"Saya H. Rahmad Mas'ud wali kota Balikpapan, atas nama negara dan pemerintah kota Balikpapan menerima jenazah almarhum untuk selanjutnya dilaksanakan pemakaman secara kedinasan," jawab Wali Kota Rahmad Mas'ud.

Dalam kesempatan ini, Gubernur Isran Noor juga menyampaikan sambutan dan doa untuk almarhum. "Semoga diterima di sisiNya dengan segala ridhoNya, di alam barzah. Dan semoga seluruh keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan iman, ketabahan dan kesabaran," tutur Gubernur.

Ia pun menceritakan tentang jasa almarhum kepadanya saat masih duduk di bangku SMA. "Saya sedikit bercerita. Beliau sangat berjasa kepada saya. Waktu saya masih SMA, beliau lah yang kasih uang saya. Beliau saat itu sebagai Kabiro Humas Sekretaris Daerah Provinsi kaltim. Tahun 1975," kenang Gubernur Isran Noor.

Ia menceritakan, kala itu dirinya diberangkatkan oleh almarhum ke Prancis. Atas biaya itulah dirinya merasa berhutang budi besar pada almarhum. "Dan ternyata beliau Allah berikan kebahagiaan dan kesuksesan. Dalam melaksanakan tugasnya untuk keluarga, masyarakat, pemerintahan provinsi kaltim, juga untuk negara ini," ungkapnya.

Ia pun mengatakan, banyak prestasi yang beliau raih saat menjadi wali kota Balikpapan. Di rumah duka tersebut, menurutnya menjadi momen terindah seorang bapak H Imdaad Hamid, SE.

"Sekali lagi saya terimakasih juga pada pelayat yang hadir menghibur keluarga dengan segala ketulusan. Sekaligus setelah ini kita bersama ikut memberikan doa dalam salat jenazah," tandasnya.

Jenazah mantan Wali Kota Balikpapan, Imdaad Hamid selanjutnya dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Dharma Agung, Gunung Bahagia, Balikpapan Selatan. (diskominfo/cha/mgm)