Wali Kota Dilantik Sebagai Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kota Balikpapan 2022-2027


BALIKPAPAN - Pelantikan pengurus Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kota Balikpapan masa bakti 2022-2027 dilaksanakan Kamis (4/8/2022), di aula Kantor Wali Kota Balikpapan. Dalam kesempatan ini juga dilantik pengurus kwartir cabang (Kwarcab) gerakan pramuka Kota Balikpapan masa bakti 2022-2027.

Wali kota Balikpapan Rahmad Mas’ud dilantik sebagai Majelis Pembimbing Kwarcab Balikpapan oleh Sekretaris Kwarda Provinsi Kalimantan Timur Fachrudin Djafrie. Sedangkan Pj Sekretaris Daerah Kota Balikpapan Muhaimin dilantik sebagai Ketua Kwarcab Balikpapan oleh Ketua Mabi Kwarcab Balikpapan H. Rahmad Mas’ud.

Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud mengungkapkan, pelantikan Ketua majelis pembimbing dan pengurus kwartir cabang gerakan pramuka Kota Balikpapan, merupakan wadah pendidikan generasi, guna menjadi insan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa.

Diharapkan, mereka yang telah dilantik memiliki kepribadian yang terampil dan berwawasan luas dan kesetiakawanan yang tinggi. Ia pun berharap, para pengurus mampu mengidentifikasi apa yang dihadapi generasi muda kedepannya.

"Sehingga dapat menyusun program pembinaan sesuai tujuan dan membangun SDM berkualitas menjadi pelaku pembangunan,” ujarnya.

Termasuk menyambut IKN, pihaknya berharap Balikpapan menyiapkan diri dan berperan aktif dalam seluruh program dan gerakan kepramukaan. Karena ini menjadi bekal meningkatkan pemerdayaan sumber daya manusia dan berorganisasi sehingga bisa ikut bersangi.

Sementara, Sekretaris Kwarda Pramuka Kaltim H. Fachruddin Djaprie mengatakan, tugas pokok majelis pembimbing kwarcab untuk memberikan bimbingan dan memberi bantuan agar gerakan pramuka lebih maju, sebagai penanggung jawab lancarnya kegiatan baik operasional dan administrasi ditingkat kwarcab.

“Saat ini pandemi yang tren kasusnya naik turun, makanya kita melaksanakan prokes dan harus jadi pelopor prokes ditengah masyarakat sebagai aktivitas kita mencegah penyebaran COVID-19,” tuturnya.

Pada tahun 2022 ini akan dilaksanakan beberapa rangkaian kegiatan tingkat nasional, diantaranya jambore nasional 14-21 Agustus di bumi perkemahan cibubur Jakarta.

Untuk itu, kwarcab Kaltim berharap para kwarcab membuat laporan seluruh kegiatannya. Pada kesempatan ini juga dilaksanakan pelepasan tim jambore Kwarcab Balikpapan untuk mengikuti Jambore nasional di Cibubur.

“Saya juga berharap agar kwartir cabang untuk meningkatkan komunikasi dan berkoordinasi dengan kwartir daerah dalam rangka melancarkan fungsi tugas masing- masing. Aktivitas ini turut mendukung lancarnya program program tahun 2023,” tandasnya. (diskominfo/cha/mgm)