Ketua Dekranasda Harap Bisa Kenalkan Balikpapan Sebagai Pintu Gerbang IKN melalui Indonesia City Expo di Padang

PADANG - Ketua Dekranasda Kota Balikpapan, Nurlena Rahmad Mas'ud meninjau stan Pemerintah Kota Balikpapan, Minggu (7/8/2022) di RTH Imam Bonjol, Kota Padang. Stand tersebut akan terlibat dalam Indonesia City Expo (ICE) oleh Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi).

Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai rangkaian dari Rakernas Apeksi XV tahun 2022, yang dilaksanakan pada 7-10 Agustus 2022 di Kota Padang. Melalui stand ini diharapkan banyak yang berkunjung dan makin dekat dengan Kota Balikpapan.

"Kami juga tampilkan musik sape secara langsung, untuk membuat pengunjung merasakan langsung Kota Balikpapan. Kita Kalimantan yang dikenal dengan musik sape," tutur Nurlena di sela kunjungan.

Selain itu, stan kota Balikpapan juga menampilkan sejumlah kerajinan dan jajanan khas Kota Balikpapan. "Beberapa kerajinan yang kita bawa adalah kerajinan yang sudah go internasional. Sudah dikenal dan dicintai," terangnya.

Promosi ini diharapkan bisa pembawa kota Balikpapan lebih dikenal di Indonesia. Apalagi dengan adanya Ibu Kota Negara (IKN) yang baru. "Balikpapan adalah pintu gerbang IKN. Banyak masyarakat Indonesia antusias. Dan untuk menuju IKN mereka lewat Balikpapan. Dari sini kami perkenalkan lebih jauh," tuturnya.

Balikpapan adalah tempat yang pertama dikunjungi saat akan masuk IKN. Itu sebabnya Balikpapan disebut dengan pintu gerbang IKN. "Untuk itu kita harus siap. Dari segala aspek, UMKM, kuliner, termasuk obejek wisata, perhotelan juga infrastruktur. Mereka yang datang di Balikpapan harus merasa," ungkapnya.

Balikpapan sebagai kota yang nyaman dihuni. Makin banyak orang yang berdatangan. Dan hal ini harus disikapi Kota Balikpapan dengan baik. Dari segi kesiapan. "Masyarakat, SDM, juga harus siap. Saya tahu masyarakat Balikpapan ini kreatif dengan SDM yang baik. Walau begitu kita tetap harus didalami dan belajar lagi untuk siap menghadapi tantangan ke depan," tandasnya. (diskominfo/cha/mgm)