Pemkot Balikpapan Tanam Durian di Kebun Apeksi Kota Padang

PADANG - Penanaman bibit buah kebun Apeksi menjadi salah satu kegiatan dari rangkaian Rakernas Apeksi XV di Kota Padang. Kegiatan ini dilaksanakan di Kebun Buah UPTD Balai Pembibitan dan Agrowisata Dinas Pertanian Kota Padang (8/8/2022) sore. 

Kota Balikpapan pun ikut serta dalam kegiatan penanaman bibit ini. Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud diwakili oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Balikpapan, Sudirman Djayaleksana. 

Wali Kota Padang, Hendri Septa menyampaikan dalam sambutannya, jika pada Rakernas Apeksi sebelumnya yang ditanam adalah bibit tanaman khas daerah asal. Maka kesempatan ini berbeda. Peserta Rakernas Apeksi menanam satu jenis tanaman, yakni pohon durian. 

"Ada enam varietas bibit yang kami siapkan untuk ditanam. Yaitu jenis MK Hortimart, lalu Kromo Banyumas, Namlung Petaling, Matahari, Tambago Sungai Tarab dan Kalumpang Sijunjung yang akan dikembangkan sebagai durian khas kota Padang," tutur Hendri Septa. 

Walau begitu, tak hanya bibit durian yang telah disediakan, sejumlah Pemerintah Kota juga membawa bibit dari daerah asalnya masing-masing. Antara lain dari Pontianak, Dumai, Samarinda, Banjarmasin, Jambi, Baubau dan Gorontalo. 

"Semua bibit ini akan dipelihara sebagai pohon induk untuk pembibitan kembali. Dan akan kami infokan nanti kepada seluruh walikota tentang bibit durian yang kita tanam bersama ini," katanya. 

Tujuannya adalah untuk menambah variasi bibit durian di Kota Padang. Dengan adanya kebun Apeksi ini membawa dampak jangka panjang. 

"Kami harapkan Wali Kota yang menanam sekarang akan kembali ke Kota Padang sekitar tiga tahun ke depan untuk memanen bersama-sama durian tersebut," katanya. 

Ada sekira 11 hektar kebun yang akan dijadikan lokasi agrowisata. Sehingga setelah penanaman secara seremonial ini, bibit durian akan ditata kembali sesuai jarak yang benar. 

Dalam kesempatan tersebut, Kepala DLH Balikpapan, Sudirman Djayaleksana ikut serta menanam bibit durian yang telah disiapkan oleh Pemerintah Kota Padang.

"Kita ikut terlibat penanaman di lokasi kebun Apeksi. Ada berbagai varietas, juga ada beberapa wali kota yang membawa bibit dari daerahnya," tutue Sudirman. 

Dirinya mewakili Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud juga akan terlibat pada kegiatan esok hari berkaitan dengan lingkungan. Yakni bersih-bersih pantai. "Kegiatan semacam ini adalah bentuk kegiatan cinta lingkungan. Pemerintah Kota Balikpapan tentu saja sangat mengapresiasi," katanya.(diskominfo/cha/mgm)