Rakernas Apeksi XV Resmi Ditutup, Mendagri Akan Komunikasikan Aspirasi Para Wali Kota


PADANG - Berakhir sudah pelaksanaan Rakernas Apeksi XV 2022. Kegiatan ditutup oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, Selasa (9/8/2022) di Hotel Truntum Padang, Sumatera Barat. Dalam kesempatan tersebut Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud hadir didampingi Asisten Tata Pemerintahan Setdakot Syaiful Bahri dan Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Balikppan Agus Budi Prasetyo.

Agus Budi Prasetyo mengungkapkan, Ketua Apeksi telah menyampaikan aspirasi Wali Kota se-Indonesia terkait beban mereka saat ini yang semakin berat. Diantaranya, upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi pasca pandemi.

"Lalu ada beberapa kebijakan pemerintah pusat yang cukup menyulitkan bagi daerah, yakni kebijakan penetapan mandatory spending dalam belanja APBD, kebijakan penghapusan non PNS dan rencana kebijakan restitusi pajak PPJ," tutur Agus diwawancarai usai penutupan Rakernas Apeksi XV di Kota Padang.

Beberapa hal juga disampaikan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Yakni Penanganan pandemi Covid-19, yang meski sudah melandai namun tetap harus diwaspadai.

"Beliau juga menyampaikan bahwa Indonesia secara global termasuk negara yang terbaik dalam penanganan covid. Wali kota pun diminta agar meningkatkan cakupan vaksin bagi masyarakat," terangnya.

Hal yang juga penting diingat oleh pemerintah kota peserta Apeksi adalah, pertumbuhan ekonomi global yang menunjukkan tren yang menurun. Namun Indonesia masih menunjukkan tingkat pertumbuhan ekonomi yang lebih baik.

"Kecenderungan inflasi di banyak negara semakin meningkat yang mempengaruhi inflasi Indonesia. Saat ini angka inflasi Indonesia berada di atas 4 persen," terang Agus

Oleh karena itu, agar pertumbuhan ekonomi semakin baik dan inflasi dapat lebih terkendali, daerah diminta untuk mengoptimalkan penyerapan belanja APBD. Juga memprioritaskan penggunaan produk dalam negeri dalam pengadaan barang pemerintah.

"Mendagri juga meminta agar wali kota memperkuat kepemimpinan di daerah. Meningkatkan inovasi dan merencanakan program yang terarah untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat," jelasnya.

Sebelumnya dalam penyampaiannya, Menteri Tito Karnavian menyatakan akan melakukan komunikasi terkait aspirasi dari para Wali Kota dalam rakernas kali ini. Bahwa Kementerian Dalam Negeri menerima masukan dari para Wali Kota yang sudah menuntaskan rangkaian rakernas.

Ia selanjutnya bakal meninjau lebih dahulu aspirasi mana saja yang bisa segera ditindaklanjuti. Pihaknya juga akan tetap membangun hubungan dengan tim kecil dari Apeksi.

"Akan dilihat satu per satu, mana yang bisa di-follow up kepada kementerian-kementerian terkait. Karena bisa saja kementerian yang di dalamnya ada banyak orang juga, memiliki kebijakan yang berbeda-beda," tuturnya.

Untuk diketahui juga, telah disepakati, bahwa pelaksanaan Rakernas Apeksi XVI 2023 akan dilaksanakan di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. (diskominfo/cha/mgm)