Pecahkan Rekor MURI, Wali Kota Balikpapan dan Istri Ikuti Lomba Marandang dan Membuat Teh Talua


PADANG - Masih bagian dari agenda Rakernas Apeksi XV di Kota Padang, para Wali Kota dan istri mengikuti lomba marandang dan membuat teh talua. Kegiatan ini digelar di pelataran parkir Muaro Lasak atau Pantai Purus, Kota Padang.

Lomba marandang dan membuat teh talua ini juga berhasil pecahkan rekor MURI. Rekor MURI tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Direktur Operasional MURI Awan Rahargo kepada Katua Dewan Pengurus Apeksi Bima Arya Sugiarto dan Wali Kota Padang Hendri Septa, Selasa (9/8/2022).

Tak hanya di skala rekor MURI Nasional, namun juga rekor MURI internasional. "Luar biasa sekali. Pada pagi hari ini para Wali Kota dan istri wali kota dari seluruh Indonesia mencatat rekor MURI," kata Awan Rahargo.

Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud bersama istri, Nurlena Rahmad Mas'ud juga terlihat menikmati keseruan marandang dan membuat teh talua.

Marandang, seperti namanya, adalah membuat rendang, makanan khas Minangkabau atau yang dikenal sebagai masakan padang. Sementara teh talua adalah jenis minuman berbahan teh yang dicampur dengan kocokan telur dan gula, yang kemudian diberi jeruk nipis.

"Saya senang sekali bisa mengikuti kegiatan ini, belajar membuat teh talua. Rasanya juga enak dan saya habis habis tiga gelas," ucap Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud sembari bergurau dengan para tamu undangan.

Ia pun mengakui, masakan Padang memang memiliki citarasa yang enak dan khas. Ia tentunya juga mencicipi rendang yang telah dibuat sang istri. (diskominfo/cha/mgm)