Pawai Budaya Rakernas Apeksi, Wali Kota Balikpapan Berikan Cinderamata Pasak Bumi


PADANG - Meriahnya pawai budaya yang digelar Selasa (9/8/2022) malam yang berlokasi di sepanjang Pantai Padang, atau dikenal dengan Taplau, mendapat sambutan dari masyarakat Kota Padang, Sumatera Barat. Masih rangkaian kegiatan Rakernas Apeksi XV, pawai budaya ini diikuti oleh 98 kota peserta Apeksi, termasuk Balikpapan.

Sejumlah perwakilan OPD Kota Balikpapan ikut dalam pawai ini, mengenakan pakaian adat mahligai, asal Balikpapan. Hadir juga Istri Ketua DPRD, Yuli Abdulloh dan Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, Ratih Kusuma.

Perwakilan Balikpapan juga menampilkan kostum-kostum cantik yang dikenakan para penari AW Studio Balikpapan. Terlihat juga sejumlah penonton yang mengajak berfoto bersama perwakilan Balikpapan.

Pawai budaya ini dipersembahkan oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (DPOP) serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan. Saat tiba giliran Kota Balikpapan dipanggil, Wali Kota Rahmad Mas'ud beserta istri, Nurlena Rahmad Mas'ud memberikan cinderamata antara lain berupa akar pasak bumi dan lainnya.

"Kami berkolaborasi dengan dinas pendidikan. Ada cinderamata yang kami siapkan. Juga kami mengajak Duta Wisata Kota Balikpapan untuk terlibat dalam pawai," tutur Kepala DPOP Ratih Kusuma.

Ia berharap ini jadi kesempatan untuk memperkenalkan ekonomi kreatif di Balikpapan. "Kita juga perkenalkan kota Balikpapan sebagai penyangga ibu kota negara," ungkapnya.

Sementara, Kabid Kebudayaan dan Olahraga Disdikbud Kota Balikpapan, Pargianta mengungkapkan, kegiatan ini melibatkan lima orang penari dan satu koreografer. Sementara untuk pawai budaya akan diikuti 12 orang dari Disdikbud. Kemudian yang lainnya adalah gabungan dari sejumlah instansi lain yang juga hadir, seperti DKUMKMP, Disdag, DPMPTSP. (diskominfo/cha/mgm)