Wali Kota Rahmad Mas'ud Jadi Inspektur Upacara Hari Pramuka ke-61


BALIKPAPAN - Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud menjadi Inspektur Upacara dalam pada Upacara Peringatan dan Parade Hari Pramuka ke-61 tahun 2022 yang dilaksanakan di Halaman Balaikota Balikpapan, Minggu (14/8/2022) pagi. Dalam kesempatan tersebut dirinya membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Budi Waseso.

Ia menyampaikan, pada 14 Agustus 2022 ini, segenap anggota gerakan Pramuka Indonesia bersukacita. Karena organisasi Pramuka genap berusia 61 tahun. Di tahun ini pula sekaligus memperingati 110 tahun keberadaan gerakan kepanduan di bumi Indonesia, yang telah ada sejak tahun 1912.

"Tema utama peringatan hari Pramuka ke 61, dan semua kegiatan tingkat nasional tahun ini adalah, mengabdi tanpa batas untuk membangun ketangguhan bangsa. Tema ini menunjukkan tekad kita untuk terus mengabdi tanpa batas di berbagai bidang," tutur wali kota.

Semua hal yang dilakukan ini, menurutnya adalah bagian dari pendidikan yang ada di gerakan Pramuka. Sejak di usia siaga, adik-adik Pramuka telah dididik untuk memberikan perhatian terhadap sesama. Sikap membantu orang lain dan yang membutuhkan pertolongan.

"Hal ini dimulai dengan cara sederhana yang dimulai dari lingkungan keluarga masing-masing maupun masyarakat di sekitar tempat tinggal. Semua bentuk pengabdian kita lakukan dengan kode kehormatan yaitu Dwi Satya dan Dwi Darma untuk pramuka siaga. Juga Tri Satya dan Dasa Darma untuk golongan pramuka lainnya," ungkapnya.

Di semua kode kehormatan gerakan Pramuka ditekadkan penting untuk bertakwa kepada Tuhan yang maha Esa. Yang antara lain diwujudkan dengan saling menolong, dengan dalam semangat persaudaraan tanpa membeda-bedakan suku, agama, ras dan antar golongan.

"Di suasana pandemik ini gerakan pramuka juga telah melakukan banyak hal. Saya ucapkan Terima kasih atas peran serta keterlibatan dalam menanggulangi COVID-19. Kakak-kakak dan adik-adik telah menunjukkan sikap Pramuka sejati dengan menolong siapa saja yang membutuhkan," kata Wali Kota Rahmad Mas'ud.

Hal ini harus diyakini, bahwa apa yang telah dilakukan akan menjadi ladang amal bakti. Juga menjadi pahala yang dicatatkan.

Ia menambahkan, bersamaan dengan peringatan Hari Pramuka ini juga dilaksanakan jambore Nasional ke XI oleh kwartir nasional di Buperta, Cibubur, pada 14-21 Agustus. Dan diikuti oleh kontingen se-indonesia. Juga gugus depan yang berpangkalan di perwakilan luar negeri. Juga para pandu dan tokoh pandu dari berbagai negara.

"Mari tetap ceria dalam menjalin persaudaraan dengan sesama anak bangsa," ujarnya. Dalam sambutan tersebut Ia juga menyampaikan terima kasih kepada presiden dan wakil presiden selaku ketua dan wakil ketua majelis pemimpin nasional.

Juga para menteri, Panglima TNI, Kapolri dan seluruh pejabat negara di tingkat pusat. "Dan semua pihak yang telah ikut membantu dalam mengembangkan gerakan Pramuka," katanya.(diskominfo/cha/mgm)