Pimpin Upacara Renungan dan Ulang Janji, Pj Sekda Berharap Pramuka di Sekolah Kembali Bangkit

BALIKPAPAN - Pj Sekretaris Daerah Kota Balikpapan, Muhaimin pimpin upacara renungan dan ulang janji Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Balikpapan, Minggu (14/8/2022) malam di Aula Balaikota Balikpapan. Kegiatan ini diikuti oleh pengurus Pramuka Kwarcab Kota Balikpapan dalam rangka HUT ke-61 Gerakan Pramuka.

Usai bertugas sebagai inspektur upacara, Muhaimin menuturkan, pramuka adalah komponen inti dari pendidikan karakter. Sehingga apabila benar-benar ingin menerapkan pendidikan karakter di sekolah, maka seluruh peserta didik wajib menjadi anggota pramuka.

"Ini sesuai undang-undang Nomor 10 tahun 2012 tentang kepramukaan. Jadi mudah-mudahan semangat hari ulang tahun Pramuka ke-61 ini, diharapkan seluruh dunia pendidikan membangkitkan kembali gerakan kepramukaan atau kepanduan di masing-masing sekolah," ungkap Ketua Kwarcab Balikpapan ini.

Muhaimin menilai, Pramuka adalah hal yang penting dilakukan untuk penguatan pendidikan karakter. Bisa, lanjut ya, dilihat, mereka yang berhasil rata-rata sudah ditempa di sekolah, saat mengikuti premuka. "Bukan berarti ekstra kulikuler lain tidak penting, tapi Pramuka adalah hal yang harus dilakukan sekolah dalam rangka pendidikan karakter," ujarnya.

Sementara, Sekretaris Kwarcab Pramuka Kota Balikpapan, Budi mengungkapkan, dalam rangka HUT Pramuka, rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi parade, sebelumnya juga telah dilakukan ziarah Taman Makam Pahlawan, kemudian gelar senja dengan dukungan ranting mengirimkan peserta didiknya.

"Malam ini adalah kegiatan akhir dari rangkaian kegiatan HUT ke-61 adalah upacara renungan dan ulang janji. Peserta adalah pembina maupun peserta didik dewasa," jelasnya. Kegiatan ini rutin dilakukan tiap tahunnya. Kendati pada tahun lalu kegiatan semacam ini dilakukan secara terbatas lantaran pandemik COVID-19. (diskominfo/cha/mgm)