Persiapan Upacara Bendera HUT Ke-77 Kemerdekaan RI, Pemkot Laksanakan Dengan Sederhana

BALIKPAPAN - Dalam rangka Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2022, Pemerintah Kota Balikpapan dan sejumlah unsur lain yang terlibat pada Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih melaksanakan gladi resik, Senin (15/8/2022) di Lapangan Merdeka Balikpapan. Sebelumnya juga telah dilaksanakan gladi kotor pada 13 Agustus lalu.

Ketua Panitia HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Tingkat Kota Balikpapan, Doortje Marpaung menjelaskan, dirinya bersyukur, meskipun masih terjadi pandemik COVID-19, upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI ini bisa dilaksanakan. "Kita bisa melaksanakan arahan dari pusat, dari Menteri Sekretariat Negara," ungkap Doortje.

Harapannya, seluruh warga negara bisa merasakan semangat kemerdekaan. Apalagi setelah 2 tahun pandemik COVID-19, diharapkan rasa dan semangat tersebut tetap tertanam. "Ini adalah salah satu cara kita menghargai perjuangan para pahlawan. Juga mengisi kemerdekaan dengan pembangunan di segala bidang," tuturnya.

Setelah upacara bendera, akan diberikan penghargaan bagi anak-anak Balikpapan berprestasi di tingkat nasional dan internasional. Juga Ada sejumlah bantuan untuk panti asuhan. Ini berkat partisipasi dari organisasi perangkat daerah (OPD).

"Juga untuk para veteran dan korban kebakaran di Klandasan. Penghargaan juga untuk pasukan pengibar bendera, agar menjalankan tugas sebaik-baiknya. Mereka juga dikukuhkan," kata Staf Ahli Wali Kota Bidang Perekonomian ini.

Pada 17 Agustus nanti juga akan ada kegiatan di aula Balaikota, ya itu mengikuti detik-detik proklamasi dari istana secara virtual. "Agenda selanjutnya adalah penurunan bendera. Nanti akan dipimpin oleh Bapak Asisten Tata Pemerintahan Setdakot, Syaiful Bahri yang akan purna tugas September mendatang,"jelasnya.

Kegiatan ini dilaksanakan secara sederhana sesuai pesan Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud. Bagaimana acara ini dapat dirasakan walaupun tidak mewah. Ini juga menyesuaikan pemerintah pusat yang hanya melakukan upacara kenegaraan. (diskominfo/cha/mgm)