Peringati HUT Kemerdekaan RI, Apel Kehormatan dan Renungan Suci digelar di TMP Darma Agung Balikpapan


BALIKPAPAN - Peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan RI juga dirayakan Pemerintah Kota Balikpapan dengan menggelar apel kehormatan dan renungan suci di taman makam pahlawan Darma Agung, Gunung Bahagia, Rabu (17/8/2022) dinihari pukul 00.00 wita. Kegiatan ini juga dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Balikpapan.

Bertugas sebagai inspektur apel, Dandim 0905, Kol Inf Faisal Rizal. Apel juga diikuti oleh Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud; Ketua DPRD Balikpapan, Abdulloh; Kapolresta Kombespol Thirdy Hadmiarso; mewakili Danlanud Dhomber, Karumkit Mayor Kes dr. Richard; mewakili Danlanal Kota Balikpapan, dan pejabat/yang mewakili forkopimda lainnya.

Dandim 0905, sebagai inspektur apel, Kol Inf Faizal Rizal menyampaikan rasa hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan, kesucian sebagai pejuang mereka yang telah gugur dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan negara dan bangsa.

”Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula. Dan jalan kebaktian yang saudara-saudara tempuh adalah jalan kami juga. Kami berdoa semoga arwah saudara-saudara diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa serta mendapatkan tempat yang sewajarnya,” ungkap Dandim.

Ini juga menyebutkan, ada 353 orang pejuang yang dimakamkan di TMP Dharma Agung atas dedikasinya terhadap bangsa dan negara. Penyandang gelar pahlawan dikategorikan dari TNI-Polri sebanyak 293 orang, pegawai sipil sebanyak dua orang, pejuang rakyat sebanyak 50 orang, dan pahlawan tak dikenal sebanyak delapan orang.

Selanjutnya, agenda HUT Kemerdekaan RI ini akan dilanjutkan dengan pemberian remisi bagi warga binaan Lapas Klas IIA Kota Balikpapan; upacara Peringatan Kemerdekaan RI atau pengibaran bendera merah putih di Lapangan Merdeka.

Kemudian menyalakan sirine dan mendengarkan lagu Indonesia Raya Pada pukul 11.17 WITA di tiga simpang, yakni simpang plaza Balikpapan, Balikpapan baru dan Gunung malang – Puskib. Dilanjutkan menyaksikan Upacara virtual dari Istana Negara di aula Pemkot dan sore pukul 17.00 Wita penurunan bendera di lapangan merdeka. (diskominfo/cha/mgm)