Upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Balikpapan Pulih dan Bangkit

BALIKPAPAN - Upacara Bendera dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan RI dilaksanakan di Lapangan Merdeka, Rabu (17/8/2022). Sebelum upacara dimulai, Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud menyerahkan penghargaan untuk anak-anak berprestasi dan santunan bagi ahli waris korban kecelakaan tanjakan Muara Rapak.

Usai penyerahan penghargaan dan bantuan, para hadirin dihibur dengan tarian kolosal oleh 160 orang penari. Yang terdiri dari siswa SMP dan SMA, Colour Guard Mathilda, dan sanggar Tari Mawar Dance Company. Penampilan ini di bawah binaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan, dengan arahan koreografer Mawar Desember.

Setelah itu dilaksanakan pembentangan bendera merah putih oleh pasukan Laskar Merah Putih dan Ketua DPRD Kota Balikpapan.

Selanjutnya, dilanjutkan dengan upacara pengibaran bendera. Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud bertugas sebagai inspektur upacara. Dan sebagai Komandan upacara adalah Mayor Inf Sujud. Ketua DPRD Kota Balikpapan, Abdulloh bertugas membaca teks proklamasi.

Diwawancarai usai upacara, Wali Kota Rahmad Mas'ud mengungkapkan, peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI kali ini mengangkat tema "Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat". Menurutnya ini mendefinisikan kondisi pasca pandemik COVID-19.

"Mudah-mudahan semangat dari kemerdekaan kita ini menambah semangat kita untuk tetap berkarya. Juga membangun kita yang sedang terpuruk karena pandemik kemarin," tutur wali kota.

Ia pun memberi semangat agar seluruh hadirin maupun masyarakat Balikpapan, untuk terus membangkitkan kebersamaan dan gotong royong. "Balikpapan bangkit menyambut pemindahan Ibu Kota Negara," tandasnya.

Pengibaran duplikat bendera pusaka dilaksanakan oleh Paskibra Kota Balikpapan, yang terdiri dari 39 pelajar SLTA Kota Balikpapan. Selain itu, sebagai pasukan pengawal bendera 45 adalah gabungan dari TNI AD. (diskominfo/cha/mgm)