Pj Sekda Buka Rangkaian Kegiatan Haornas dengan DBON Festival di Lapangan Merdeka


BALIKPAPAN - Pj Sekretaris Daerah Kota Balikpapan, Muhaimin mewakili Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud membuka even Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-39 tahun 2022 di Lapangan Merdeka, Jumat (2/9/2022). Rangkaian kegiatan Haornas ini dimulai dengan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) Festival yang dilaksanakan di Lapangan Merdeka.

Peringatan Haornas kali ini sangat istimewa, karena Kota Balikpapan menjadi tuan rumah skala nasional, yang mana puncak kegiatan akan diselenggarakan 9 September di stadion Batakan. Mewakili Wali Kota, Pj Sekda Kota Balikpapan, Muhaimin membacakan sambutannya sekaligus membuka kegiatan.

Ia menyampaikan, Pemerintah Kota Balikpapan menyambut baik adanya DBON Festival ini. "Selain dalam rangka membangun animo masyarakat menjelang puncak Haornas pada 9 September 2022, diharapkan dapat mensosialisasikan DBON sebagai instrumen penting dalam rangka memajukan prestasi olahraga nasional," ungkap Muhaimin.

Ia pun berharap masyarakat luas dapat mendukung kegiatan ini. Sehingga dirinya mengajak semua elemen masyarakat mendorong dan bersinergi mendukung olahraga nasional.

"Khususnya dengan memberdayakan bibit-bibit atlet lokal yang lahir melalui pembinaan yang terencana, terukur dan berkesinambungan oleh masing pengurus cabang olahraga,” ujar Muhaimin.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (DPOP) Kota Balikpapan, Ratih Kusuma menuturkan, kegiatan hari ini merupakan rangkaian Balikpapan 10K. Dimana pihaknya mengadakan DBON Festival yanvg merupakan salah satu upaya menyosialisasikan even besar nasional.

"Pada tahun ini ada beberapa cabang olahraga yang dilibatkan dan menjadi bagian DBON Festival. Antara lain pameran, selain itu juga menampilkan para pelaku UMKM dan festival musik band lokal 2-4 September,” jelas Ratih.

DBON Festival ini dikuti oleh 17 cabang olahraga diantaranya Bulutangkis, balap sepeda, bola voli, basket, pencak silat, panahan, panjat tebing, atletik, angkat besi, senam, dayung, sepak bola, karate, dan wushu.

“Kegiatan lainnya melibatkan 40 UMKM lokal Balikpapan sehingga dapat meningkatkan perekonomian Balikpapan,” ujarnya.

Untuk peserta lari 10 K, sampai saat ini yang sudah terdaftar mengikuti Balikpapan Open 10K ada 7.000 peserta. ” Dan kami masih buka hingga 3 September sampai kuota 10 ribu peserta. Para peserta adalah pelajar, masyarakat umum, TNI Polri, veteran dan elit nasional," tandasnya. (diskominfo/cha/mgm)