Galeri Dekranasda di Pantai Manggar Diresmikan, Beragam Kerajinan dan Oleh-Oleh Tersedia

BALIKPAPAN - Bersamaan dengan penyambutan rombongan Perahu Sandeq pada Rabu (7/9/2022), Galeri Dekranasda Kota Balikpapan di Pantai Segarasari Manggar diresmikan. Peresmian oleh Ketua Dekranasda Kota Balikpapan, Nurlena Rahmad Mas'ud bersama Istri Ketua DPRD, Yuli Abdulloh.

Nurlena meresmikan galeri kedua Dekranasda Kota Balikpapan ini memang menyesuaikan momen Haornas dan Festival Sandeq. Galeri tersebut sebenarnya sudah akan ditutup, namun dirinya berinisiatif untuk membuka kembali dan mempromosikan produk Kota Balikpapan di sana.

"Apalagi pada momen Haornas dan Festival Sandeq ini banyak tamu kita, seperti dari Sulawesi. Dengan adanya galeri ini mereka bisa melihat-lihat produk Balikpapan yang ternyata bagus," terangnya.

Ada kerajinan tas, batik Balikpapan, aksesoris, kaos Balikpapan, snack dan makanan, sepatu, juga banyak oleh-oleh atau kerajinan khas yang tak kalah dari daerah lain.

"Semoga saja, dengan adanya galeri ini, orang yang di luar sana, misalnya Samarinda, Bontang, bisa mampir, melihat. Sekalian ke pantai Manggar. Produk Balikpapan menarik loh," harapannya.

Ide untuk membuka galeri ini diharapkan bisa berbuah manis. Apalagi di Pantai Segarasari Manggar juga terdapat wisma bagi pengunjung yang ingin menginap di area pantai. Wisma ini dikelola oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (DPOP). Tak hanya itu, sekarang juga sudah ada Pujasera di Pantai Manggar.

"Wisma juga lengkap fasilitasnya. Sudah dipercantik dan kamarnya juga siap. Silakan menginap di wisma tersebut," katanya.

Dengan tarif Rp650 ribu hingga Rp750 ribu, pengunjung sudah bisa menginap di area pantai dengan fasilitas yang tersedia. Apalagi dengan adanya Galeri Dekranasda yang menyediakan oleh-oleh dan kerajinan dengan harga yang sama dengan di pasar.

"Kami memang minta harganya jangan dinaikkan. Sama seperti Pasar Inpres. Di Pasar Kebun Sayur, Pandansari. Pokoknya harus standar," katanya.

Galeri ini menampung dan tidak menarik sewa untuk produk-produk UMKM yang dipajang. "Semua dari Dekranasda, sudah ada yang menjaga juga," katanya.

Ia berharap Galeri Dekranasda ini dapat dimanfaatkan pengunjung pantai atau wisatawan untuk berbelanja produk Balikpapan. "Kalau wisata di Manggar, mampir saja di Galeri Dekranasda di Pantai Manggar," tandasnya. (diskominfo/cha/mgm)