Wapres Hadiri Malam Puncak Haornas di Stadion Batakan


BALIKPAPAN - Meriahnya acara puncak Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-39 yang digelar di Stadion Batakan, Balikpapan dihadiri Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin, bersama istri Hj Wury Ma`ruf Amin, Jum'at (9/9/2022). Hadir juga Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali, Gubernur Kaltim Isran Noor, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud, serta para Gubernur/Kepala Daerah di Indonesia, dan Forkopimda.

Puncak Haornas 2022 diawali dengan parade paskibraka yang membawa bendera organisasi-organisasi olahraga. Selain itu, ratusan pelajar se-Kota Balikpapan melakukan konfigurasi membentuk Sayap Garuda sebagai ikon Ibu Kota Nusantara.

Selanjutnya adalah SKJ Pelajar 2022 sebagai keinginan kuat untuk membuat pelajar Indonesia sehat dan bugar, berprestasi dunia, untuk mewujudkan keinginan besar Indonesia Maju.

Wapres Ma'ruf Amin mengajak seluruh komponen bangsa untuk menggelorakan semangat keolahragaan secara nasional. Sebab memberi makna besar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. "Olahraga mampu menyatukan perbedaan karena mengusung kesetaraan dan olahraga bukan semata tentang stamina, tetapi kualitas hidup yang lebih sejahtera," kata Wapres Ma'ruf Amin.

Selain itu, olahraga mampu membangun kedisiplinan, ketangguhan, sportifitas dan kerjasama dalam kehidupan bermasyarakat. Yang tak kalah penting, olahraga mampu membentuk karakter bangsa bahkan sarana penjaga perdamaian dunia.

"Bersama cetak juara menjadi ajakan untuk meningkatkan partisipasi dan prestasi di bidang olahraga," ungkapnya. Wakil Presiden juga mengajak seluruh rakyat Indonesia, khususnya generasi muda untuk terus bergerak dan semangat untuk berolahraga. Juga para orang tua, diharapkan lebih bersemangat dalam berolahraga.

Sementara, Gubernur Isran Noor menyambut baik kegiatan puncak yang dilaksanakan di Kota Balikpapan ini. Ia mengungkapkan rasa bangga dan bahagianya, karena Provinsi Kalimantan Timur ditetapkan menjadi tuan rumah peringatan Haornas tahun ini.

"Selamat datang di Kota Balikpapan, pintu gerbang Provinsi Kaltim dan kini sebagai kota penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN)," ujarnya.

Ia pun berharap peringatan Haornas ini sebagai momentum penting dalam upaya memajukan olahraga untuk mencapai prestasi dunia. Sekaligus mendukung kesuksesan pembangunan IKN menuju transformasi Indonesia Maju, Indonesia Emas 2045.

"Sekali lagi, selamat datang. Maju dan jayalah olahraga Indonesia. Bersama kita cetak juara," ucapnya.

Puncak peringatan Haornas 2022 ditandai pemberian bola sepak dan penekanan tombol sirine oleh Wapres Ma'ruf Amin. Selanjutnya dirangkai dengan penyerahan penghargaan kepada insan olahraga berprestasi oleh Menpora Zainudin Amali.

Puncak acara juga diramaikan dengan band Armada Band dan tari kolosal oleh 750 anak-anak SMA dan Sanggar Seni/Kebugaran Kota Balikpapan. Acara juga menampilkan 14 cabang olahraga telah menjadi prioritas pembinaan potensi besar meraih medali pada ajang olimpiade dan paralimpiade, seperti pencak silat, taekwondo, karate, angkat besi, badminton, wushu, dayung, renang, atletik, panahan, menembak, panjat tebing dan balap sepeda.

Hadir Menteri Kabinet Indonesia Maju, Ketua dan Anggota Komisi X DPR RI, Ketua KONI, NOC, KORMI Nasional, NPC Indonesia, Soina, pimpinan induk organisasi Cabor (PB/PP) dan INORGA (Induk Organisasi Olahraga Masyarakat), atlet dan pembina olahraga. (diskominfo/cha)