Balikpapan Barat Jadi Percontohan Keluarga Tanggap Tangguh Bencana

BALIKPAPAN - Kecamatan Balikpapan Barat menjadi percontohan program Keluarga Tanggap Tangguh Bencana yang di gelar PKK dan BPBD Kota Balikpapan. Ini disampaikan Ketua TP PKK Balikpapan Nurlena Rahmad Mas’ud dalam kegiatan penyerahan bantuan kepada warga korban kebakaran di Pandan Sari dan Gunung Polisi pada Senin (12/09/2022).

Dalam kesempatan tersebut Balikpapan Barat sekaligus menjadi lokasi sosialisasi program Keluarga Tanggap Tangguh Bencana. Seperti diketahui, kecamatan tersebut memang beberapa kali mengalami bencana kebakaran.

“Balikpapan Barat itu jadi kluster percontohan untuk keluarga. Kemarin kita sudah projectnya sama BPBD,” ujarnya.

Dia mengatakan, dengan program Keluarga Tanggap Tangguh Bencana tersebut, diharapkan yang terkena dampak bencana bisa mengatasi. Minimal menolong keluarga dan tetangga terdekat.

“di Balikpapan Barat sering terjadi kebakaran, longsor juga. Dengan adanya program ini, kita bisa mengatasi, bagaimana kita bisa menolong diri kita sendiri, keluarga kita dan tetangga kita,” tuturnya.

Pihaknya melakukan sosialisasi ke lapangan ini sesuai dengan program Keluarga Tanggap Tangguh Bencana. Dia pun meminta kesadaran masyarakat agar lebih waspada terhadap ancaman kebakaran yang bisa terjadi setiap saat. Khususnya melakukan pencegahan, seperti mengganti kabel-kabel lama.

“Memang ini butuh kesadaran masyarakat, bagaimana masyarakat itu lebih sadar diri, memang sebaiknya kabel-kabel yang sudah puluhan tahun itu semestinya harus diganti, di perbarui,” tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut TP PKK juga melaksanakan bakti sosial, yakni menyerahkan bantuan berupa peralatan mandi seperti sabun dan sampo. Termasuk juga kebutuhan untuk balita ataupun anak-anak. Harapannya, bisa meringankan warga korban kebakaran.

"Selain perlengkapan mandi, juga popok, susu, beras, biskuit. Itu yang diperlukan bisa langsung dimakan,” katanya.

Ia mengajak masyarakat bahu membahu meringankan beban para korban. Ia berharap bantuan ini bisa meringankan. Nurlena juga menyampaikan apresiasinya atas kepedulian masyarakat Balikpapan dengan memberikan berbagai bantuan diantaranya sembako.

"Dengan adanya kita bersama-sama bahu-membahu, saling tolong-menolong, Insya Allah ini akan teratasi," tandasnya. (diskominfo/cha/mgm)