Wali Kota Balikpapan Lantik Pengurus dan Dewan Pengawas Baznas Kota Balikpapan


BALIKPAPAN - Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud melantik pengurus Basnaz Kota Balikpapan dan dewan pengawas periode 2022-2027 di aula Balaikota, Sabtu (17/9/2022). Dalam sambutannya, Wali kota Balikpapan Rahmad Mas’ud mengucapkan selamat kepada para pengurus dan dewas yang baru dilantik.

Ia berharap tugas dan amanah dapat dilaksanakan, terutama berkaitan dengan peran Baznas dalam hal pemberdayaan potensi masyarakat.

"Melalui kesempatan ini saya juga mengucapkan apresiasi atas kinerja Baznas Kota Balikpapan yang selama ini telah menjadi mitra strategis Pemerintah Kota Balikpapan. Yang sangat mendukung upaya pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat," tuturnya.

Antara lain dengan zakat yang berhasil dikumpulkan mencapai Rp4,5 hingga Rp4,8 miliar setiap tahunnya. Kendati potensi zakat Kota Balikpapan masih lebih dari itu. Yakni Rp15 sampai Rp20 miliar per tahun. "Tentunya juga dengan bekerja secara profesional dan mampu mengubah mereka yang tadinya merupakan penerima zakat. Menjadi pemberi zakat," katanya.

Dirinya juga berharap ada inovasi baru dari pengurus yang baru. Agar perolehan zakat bisa mendekati potensi Kota Balikpapan. "Saya meyakini pengurus yang baru dapat bersinergi bersama-sama dengan Pemerintah Kota Balikpapan. Dan semoga ini menjadi ladang amal dan kebaikan untuk kita semua," ungkapnya.

Sementara, Ketua Basnaz Abdul Rosyid Bustomi bersama para wakil Baznas Balikpapan periode 2022-2027 mengaku siap bertugas untuk pengurus Baznas Kota Balikpapan.

“Mudah-mudahan kami akan laksanakan amanah ini dengan program-program yang sudah disusun," tuturnya. Salah satu program yang dilaksanakan dalam waktu dekat adalah mendata orang kaya di Balikpapan serta perusahaan yang sudah berwajib berzakat.

"Kami akan jemput bola agar berzakat ke Baznas agar supaya Baznas lebih baik dan bagus,” jelasnya. Untuk masyarakat yang berada di bawah garis kemiskinan akan diupayakan untuk menerima zakat. Sementara bagi para pemudanya akan beri pelatihan di balai pelatihan kerja, termasuk bantuan pemodalan untuk petani dan pedagang kecil,” terangnya.

Untuk diketahui, Abdul Rosyid Bustomi menjabat sebagai ketua, dengan empat wakil ketua yakni Imam Waros, Jailani, Semauna dan Anwar Arifin Pinem. Selanjutnya, dilantik Dewas Baznas periode 2022-2027. Meliputi Johan Marpaung, Sukariyanto dan Mustakim.(Diskominfo/cha/mgm)