Launching Kampanye We Love Balikpapan, Plh Sekda Ajak Masyarakat Vote


BALIKPAPAN - Launching Kampanye We Love Balikpapan Tahun 2022 dilaksanakan Senin (19/9/2022) di Aula Gedung Parkir Klandasan oleh Plh Sekretaris Daerah Kota Balikpapan, Muhaimin mewakili Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud. Kegiatan ini juga dihadiri Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Sudirman Djayaleksana.

Ini berkaitan dengan terpilihnya Kota Balikpapan sebagai finalis tingkat nasional OPCC 2021-2022 dari 24 kabupaten/kota yang mengikuti pelaporan aksi adaptasi dan mitigasi yang telah disubmit melalui platform CDP/ICLEI. Balikpapan masuk sebagai nominasi bersama Probolinggo dan Jakarta.

Nantinya Balikpapan berhak mengikuti Kampanye We Love Cities bersama 72 Kota dari 32 negara pada tanggal 19 September hingga 31 Oktober 2022. Dalam hal ini Kepala DLH menjadi ketua panitia kegiatan. Dengan launching ini diharapkan bisa menyosialisasikan mekanisme kegiatan Voting We Love Balikpapan.

Sehingga dapat mengajak masyarakat Kota Balikpapan agar dapat mendukung Kota Balikpapan dalam Kampanye We Love Balikpapan ini melalui vote.

“Sebagai informasi, dalam sejarahnya di tahun 2013, Kota Balikpapan ditetapkan sebagai Kota Low Emission Development Strategy (LEDS) oleh CLE. Yaitu jaringan global yang menghubungkan kota-kota di seluruh dunia untuk membangun kota yang rendah emisi dan adaptif, terhadap ancaman dampak perubahan iklim," terang Sudirman.

Lalu sejak tahun 2015 Kota Balikpapan aktif ikut serta untuk melakukan pelaporan iklim melalui platform internasional dengan nama Climate Change Registry (CSR). Balikpapan juga berhasil memenangkan The Most Lovable Cities mengalahkan Paris pada tahun 2015.

“Oleh karena itu saya berharap kepada seluruh pihak untuk mengajak masyarakat Kota Balikpapan agar dapat memiliki atau Vote bagi Kota Balikpapan hingga menjadi kota yang paling dicintai sedunia pada kampanye 'We Love Cities' ini,” kata Sudirman.

Kampanye ini akan dimulai hari ini tanggal 19 september 2022, masyarakat dapat menyampaikan dukungan dengan mengakses website www.welovecities.com/balikpapan, serta dengan menambahkan tagar we love balikpapan pada setiap postingan di media sosial.

“Selain melalui Kampanye We Love Cities saya juga berharap masyarakat dapat mengajak masyarakat untuk mencintai kota kita dengan langkah atau tindakan nyata misalnya dengan menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan sekitar,” jelasnya.

Hal lain yang juga dapat dilakukan seperti membuang sampah pada tempatnya, menaati peraturan berlalu lintas, mengurangi penggunaan sampah plastik, serta menjaga kerukunan antar sesama warga.

Turut hadir, Forkopimda Kota Balikpapan, Para Pejabat di Lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan, Kepala Sekolah SMP dan SMA di Wilayah Kota Balikpapan, Pimpinan atau Perwakilan dari Pihak Swasta, dan seluruh perwakilan Komunitas Sosial. Juga para admin Instagram, Influencer, Pelaku Ekonomi Kreatif, dan Wartawan Se-Kota Balikpapan yang berjumlah 280 orang. (diskominfo/cha/mgm)