Gelar Bimtek, Diharapkan Pengelolaan Media Sosial di Lingkungan Pemkot Balikpapan Lebih Profesional


BALIKPAPAN - Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Balikpapan menggelar Bimbingan Teknis Pengelolaan Media Sosial di Hotel Gran Senyiur, Kamis (22/9/2022). Para peserta adalah pejabat pengelola media sosial organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Diskominfo, Aditya Eka Wicaksana, mewakili Kepala Diskominfo Balikpapan, Adamin Siregar. Kegiatan ini juga menghadirkan pemateri dari Tribun Kaltim, Januar Alamijaya dan Syaiful Syafar.

Aditya menuturkan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan bagi para pejabat Pemkot Balikpapan di perangkat daerah, mengenai pengelolaan media sosial.

"Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan kapasitas personel dalam pengelolaan media sosial. Sehingga lebih optimal," terang Aditya.

Media sosial Pemerintah Kota Balikpapan, lanjutnya, berkembang secara organik. Awal pemanfaatan media sosial di intansi pemerintah biasanya berasal dari organisasi. Penggunaannya dilakukan tanpa sengaja, dimana platform ini menjadi media komunikasi untuk mempublikasikan kegiatan.

"Hal ini memerlukan dukungan sarana dan prasarana yang memadai. Biasanya menggunakan gadget atau perangkat pribadi," tuturnya.

Aktivitas publikasi melalui media sosial yang awalnya hanya pelengkap, belakangan jadi penting untuk mendukung organisasi, dalam mempublikasikan kegiatan.

"Ini karena media sosial adalah media dengan biaya rendah namun jangkauan luas. Melihat potensi ini, penggunaan media sosial tak hanya digunakan secara parsial. Namun diharap dapat menunjang tujuan organisasi. Antara lain terkait program prioritas pemerintah," urainya.

Diharapkan pula ada transfer informasi melalui media sosial, sehingga meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada Pemerintah Kota. Untuk meningkatkan capaian publisitas ini, dibutuhkan upaya peningkatan kapasitas personel.

"Hari ini, melalui bimtek ini diharapakan yang awalnya memahami media sosial secara otodidak, bisa berubah ke pengelolaan media sosial yang profesional sesuai kebutuhan," jelasnya.

Ia pun menyampaikan terimakasih atas kehadiran para peserta yang mengikuti kegiatan bimtek ini. Diharapkan bisa membawa pengetahuan baru untuk pengelolaan media sosial di instansi pemerintah kota Balikpapan. (diskominfo/cha/mgm)