Wali Kota Luncurkan Delapan Program Perubahan OPD Kota Balikpapan


BALIKPAPAN - Wali Kota Balikpapan meluncurkan Proyek Perubahan (Proper) Peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Tahun 2022, Senin (26/9/2022) di Aula Balaikota Balikpapan. Ada delapan proper strategis yang diluncurkan dari delapan organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemkot Balikpapan.

Kedelapan proper ini pertama, Sinergi Antisipasi Bencana Balikpapan (SIGAB) oleh Kepala Pelaksana Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Silvia Rahmadina. Kemudian Rumah Inovasiku, Inovasi untuk Kotaku oleh Kepala Bappeda Litbang, Murni.

Strategi Peningkatan Rumah Layak Huni Kota Balikpapan atau Griyaku Balikpapan, oleh Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim), Arfiansyah.

Keempat, Strategi Pelayanan Publik Melalui Digitalisasi Sistem Pelayanan (Siap Ditempa) oleh Kepala DPMPTSP, Boedi Liliono. Kemudian Strategi Peningkatan Fasilitasi Fungsi dan Tugas DPRD melalui Sistem Digital Melayani (SiDilan), oleh Sekretaris DPRD Kota Balikpapan, Irfan Taufik.

Balikpapan Single Window, sistem integrasi pemerintahan berbasis elektronik dalam rangka peningkatan layanan publik, oleh Kepala Diskominfo, Adamin Siregar.

Ketujuh, Strategi Peningkatan Peran Serta Masyarakat dalam mendukung Kota Balikpapan menuju kota layak anak (PIN EMAS) oleh Kepala DP3AKB, Alwiati. Lalu yang terakhir, Penataan Ruang Kota Balikpapan berbasis Satu Peta Untuk Satu Data Spasial Kota Balikpapan (One Map One Data) oleh Kepala Dinas Pertanahan dan Penataan Ruang, Neny Dwi Winahyu.

Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud menyampaikan, dirinya mendukung dan mengapresiasi kedelapan proper dari Kepala OPD yang ada di lingkungan Pemkot Balikpapan ini. "Kami mendukung dan mengapresiasi program-program ini. Selanjutnya kami menunggu implementasinya," tutur Wali Kota.

Usai peluncuran tersebut, kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen bersama oleh Dinkes dan Disdukcapi terkait program penerbitan surat keterangan kematian pada rumah sakit & puskesmas, serta penerbitan akte kematian di Kota Balikpapan.

Serta penandatanganan komitmen bersama antara Dinas Lingkungan Hidup dan Disdukcapil Kota Balikpapan terkait pelaksanaan program peningkatan kualitas pelayanan pemakaman dan penerbitan akte kematian di Kota Balikpapan.

Kegiatan tersebut kemudian dilanjutkan dengan Coffee Morning oleh para pejabat organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemkot Balikpapan yang dipimpin oleh Wali Kota Rahmad Mas'ud bersama Pj Sekda Kota Balikpapan, Muhaimin. (diskominfo/cha/mgm)