Disporapar Akan Gelar Balikpapan Fest 30 September -2 Oktober


BALIKPAPAN - Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Balikpapan akan menggelar rangkaian kegiatan memperingati Hari Pariwisata Sedunia yang jatuh pada 27 September sekaligus Hari Batik Nasional pada 2 Oktober nanti. Kegiatan ini bertajuk Balikpapan Fest 2022 dengan mengangkat tema “Nusantara Kita”. Rangkaian kegiatan akan berlangsung pada 30 September-2 Oktober 2022.

Kepala Disporapar Kota Balikpapan, CI Ratih Kusuma mengungkapkan, dengan dilaksanakanya kegiatan ini, dirinya berharap pariwisata di Kota Balikpapan bisa menyuguhkan nuansa yang berbasis kemasyarakatan serta berkelanjutan.

“Tidak hanya jumlah, namun lebih kepada kualitasnya. Apalagi tema yang kita angkat berkaitan dengan Kota Balikpapan dalam menopang dan menjadi kota penyangga Ibu Kota Negara (IKN)," jelasnya.

Balikpapan Fest 2022 ini akan menghadirkan beragam kegiatan, diantaranya adalah fashion show, festival band, kuliner Nusantara, Choral Orchestra Folklore (COF) dan Barista Competition.

“Karena Balikpapan juga akan menjadi penyangga IKN. Tentunya, secara keseluruhan dengan keanekaragaman masyarakat, kita bisa menyuguhkan wisata maupun ekonomi kreatif yang berdampak pada peningkatan perekonomian khususnya di Kota Balikpapan,” terang Ratih.

Untuk fashion show, akan mengangkat produk dari karya para desainer lokal dengan tema Batik Balikpapan/Kalimantan. Sementara melalui festival band adalah upaya Disporapar untuk mengangkat potensi anak-anak muda, pelajar dan masyarakat.

Kuliner Nusantara sendiri nantinya akan melibatkan beberapa paguyuban dan masyarakat umum untuk berpartisipasi dengan mengangkat kuliner Nusantara maupun kuliner ekonomi kreatif.

Sementara, untuk COF ini nantinya akan ada lomba paduan suara yang bertempat di Gedung Kesenian Balikpapan dan Nusantara Barista Championship yang akan bertempat di Plaza Balikpapan. “Semoga kegiatan ini bisa meningkatkan perekonomian khususnya di Kota Balikpapan,” tandas Ratih. (diskominfo/cha/mgm)