Germas Kembali Digalakkan di Lingkungan Pemkot Balikpapan


BALIKPAPAN - Pemerintah Kota Balikpapan kembali menggalakkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) pada Jumat (30/9/2022) di Balaikota Balikpapan. Kegiatan ini juga dirangkai dengan momen World Walking Day 2022. Kegiatan dilaksanakan menyasar para pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarti mengatakan, Germas bertujuan untuk kembali memasyarakatkan budaya hidup sehat di lingkungan pemerintah kota, mengacu Inpres Nomor 1 Tahun 2019.

Pasalnya, sejak awal terjadinya pandemik COVID-19, kegiatan Germas sempat terhenti. Sehingga kini, saat kasus COVID-19 melandai dan Kota Balikpapan berstatus PPKM Level 1, Germas kembali digaungkan.

Menurutnya Germas yang digelar bagi pegawai di lingkungan Pemkot Balikpapan telah dilaksanakan rutin setiap hari Jumat. "Germas rutin dilakukan bekerjasama dengan Bagian Kesra setiap hari Jumat. Harapannya para pengawai bisa menerapkan germas dan ini menjadi budaya hidup sehat," jelas Dio, sapaan Andi Sri Juliarti.

Berbagai kegiatan digelar dalam Germas diantaranya mempromosikan olahraga dan makanan sehat dengan melibatkan UMKM dan Bulog, serta pemeriksaan kesehatan. “Disini kita melakukan beberapa kegiatan, promosikan olahraga, makan sayur buah yang sehat kita melibatkan UMKM dan Bulog,” ujarnya.

Tak hanya itu, juga dilaksanakan pemeriksaan kesehatan rutin yang terdiri dari gula darah, kolesterol, asam urat. Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan edukasi terkait cara menyimpan dan meminum obat yang benar oleh apoteker dari Kimia Farma. (diskominfo/cha/mgm)