Balikpapan Fest 2022 Dibuka, Diharapkan Tingkatkan Wisatawan dan Perputaran Ekonomi

BALIKPAPAN - Balikpapan Fest 2022 resmi dibuka oleh Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud bersama Deputi Bidang pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dadang Rizki Ratman pada Jumat (30/9/2022) malam di Balikpapan Sport and Convention Center (BSSC) Dome.

Dibukanya kegiatan ini ditandai dengan dibunyikannya alat musik khas Dayak, Sape, oleh Wali Kota dan Deputi. Dalam kegiatan yang akan berlangsung hingga 2 Oktober mendatang ini akan ada berbagai lomba. Mulai dari festival musik, fashion show, kuliner, paduan suara, okestra, hingga barista nusantara.

"Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan dalam dan luar daerah, serta mendukung peningkatan perputaran perekonomian, sekaligus juga memperingati Hari Pariwisata dan Batik Nasional,” ujar Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud.

Kegiatan dilaksanakan juga berdasarkan apa yang telah disampaikan Presiden Joko Widodo, bahwa ada tiga hal yang harus diperhatikan daerah. Antara lain peningkatan pariwisata maupun UMKM, ditengah krisis ekonomi global.

“Saya baru kembali dari mengikuti arahan bapak Presiden. Salah satu dari tiga item yang betul-betul disampaikan Bapak Presiden adalah peningkatan pariwisata dan UMKM. Apalagi ekonomi dunia sedang tidak baik-baik saja,” ungkapnya.

Dia juga berpesan kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD), sekaligus meneruskan instruksi Presiden bahwa selalu menggunakan produk dalam negeri dalam setiap kegiatan. “termasuk batik-batik kita, fashion-fashion kita,” imbuhnya.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan Hari Pariwisata sedunia yang tepat jatuh 27 September 2022 dan Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober 2022.

Balikpapan Fest 2022 mengangkat tema “Nusantara Kita”, sejalan dengan pemindahan Ibu Kota Negara (IKN), dimana Kota Balikpapan sebagai daerah penyangga. Dalam Balikpapan Fest 2022 juga tersedia berbagai kuliner nusantara dari paguyuban Balikpapan dan UMKM.

Untuk diketahui juga, Balikpapan Fest 2022 juga masuk dalam Kharisma Event Nusantara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Deputi Bidang pengembangan Destinasi Pariwisata Kemenparekraf Dadang Riski Ratman menyatakan, dirinya mengapresiasi semua elemen pendukung Balikpapan Fest 2022.

Termasuk juga penyelenggara yang menghadirkan festival musik, fashion show, kuliner, choir orkestra, hingga barista nusantara. “Apresiasi kepada pak Wali Kota atas terselenggaranya, terutama Disporapar yang menyelenggarakan. Apresiasi dukungan para tokoh dan apresiasi paling tinggi kepada pengisi acara ini,” ungkapnya. (diskominfo/cha/mgm)