Wali Kota Bertugas Sebagai Inspektur Upacara di Hari Kesaktian Pancasila

BALIKPAPAN - Memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Pemerintah Kota Balikpapan melaksanakan upacara bendera, Sabtu (1/10/2022) di halaman Balaikota Balikpapan. Bertugas sebagai inspektur upacara, Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud. Turut hadir unsur Forkopimda, Wakil Ketua DPRD, Pj Sekda, serta pejabat OPD di lingkungan Pemkot Balikpapan.

Diwawancarai usai bertugas, Wali Kota menyampaikan, Hari Kesaktian Pancasila harusnya jadi momen agar para generasi muda agar terus mengingat pancasila sebagai ideologi dari bangsa Indonesia.

“Cinta NKRI dan pancasila adalah alat pemersatu bangsa yang terdiri dari berbagai suku, budaya dan agama yang tertuang dalam pancasila,” ujar Wali Kota Rahmad Mas'ud.

Ia pun menekan agar seluruh lapisan masyarakat percaya dan yakin kepada generasi muda, agar bangsa Indonesia menjadi bangsa yang besar. Khususnya pada hari kesaktian pancasila ini, ia menyampaikan terima kasih atas jasa pahlawan yang telah gugur mempertahankan pancasila sebagai ideologi bangsa.

"Sehingga diharapkan dapat diturunkan ke generasi muda untuk lebih paham dengan ideologi pancasila,” lanjutnya.

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Balikpapan Budiono mengatakan, sebagai generasi penerus salah satunya upaya yang bisa dilakukan yakni mempertahankan ideologi bangsa tersebut.

Menurunya, pancasila dapat menjawab semua tantangan baik yang mengancam kesatuan negara maupun tantangan di era digitalisasi. “Termasuk bagi generasi muda untuk cinta tanah air dan ideologi bangsa,” tutur Budiono. (diskominfo/cha/mgm)