Dewan Transportasi Kota Jakarta Kunjungi Pemerintah Kota Balikpapan

BALIKPAPAN - Pemerintah Kota Balikpapan, dalam hal ini Dinas Perhubungan, menerima kunjungan kerja Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ), Rabu (12/10/2022) di Aula Bappeda Litbang Kota Balikpapan. Rombongan tersebut dipimpin Wakil Ketua DTKJ, Berman Limbong.

Rombongan diterima oleh Kepala Dishub Kota Balikpapan, Elvin Junaidi. Dalam kunjungan tersebut, kedua pihak saling menjelaskan mengenai kondisi sarana dan prasarana transportasi di masing-masing daerah.

Elvin menjelaskan tentang ketersediaan transportasi di Kota Balikpapan, juga desain transportasi IKN atau Ibu Kota Nusantara. Kendati keadaan transportasi Kota Balikpapan memang masih belum memadai jika dibandingkan dengan Jakarta yang merupakan kota besar.

"Untuk angkutan massal masih perlu diperbaiki. Apalagi pertumbuhan kendaraan tidak sebanding dengan pembangunan jalan. Memang di Balikpapan ini pun jalannya kecil-kecil," tuturnya.

Dalam wawancara usai kegiatan, Wakil Ketua DTKJ, Berman Limbong mengungkapkan, pihaknya datang ke Balikpapan untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman terkait transportasi. Baik di Kota Jakarta maupun kota lain di Indonesia.

"Jakarta sudah mulai membangun sistem transportasi terintegrasi dengan berbagai moda. Kami berharap daerah yang kami kunjungi ini dapat memberikan gambaran bagi kami transportasi yang sukses di daerah tersebut," tutur Berman.

Misalnya transportasi air di Jakarta ke Pulau Seribu. Ini adalah salah satu yang ingin dipelajari, karena Balikpapan adalah kota yang melaksanakan transportasi perairan. "Bagaimana mereka mengelolanya dengan baik," katanya.

Di Balikpapan angkutan air memisahkan satu kabupaten dengan kabupaten lain. Sehingga kebijakan di tingkat provinsi. Ini sama dengan di Jakarta. "Ini kita mau berbagi. Kalau kami sukses mengapa tak berbagi. Apalagi Balikpapan akan terdampak IKN," jelasnya.

Ia pun berharap, dengan pemindahan IKN, seluruh infrastruktur terencana dengan baik, termasuk sara dan prasarana transportasi. "Jangan sampai seperti Jakarta yang PR-nya luar biasa. Kita tambal sulam kebijakan agar transportasi bisa bisa berjalan baik," terangnya. (diskominfo/cha/mgm)