Balikpapan Jadi Tuan Rumah Pengurangan Risiko Bencana 2022 Nasional


BALIKPAPAN - Kota Balikpapan menjadi lokasi pelaksanaan Puncak Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) tahun 2022 yang dipusatkan di Balikpapan Sport and Covention Center (BSCC) Dome, pada 12 hingga 14 Oktober 2022 mendatang. Acara ini digelar Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Ketua Harian Bulan Pengurangan Risiko Bencana tahun 2022, Ivan Ramdani mengatakan, terkait bulan bencana yang akan dilaksanakan di Kota Balikpapan pada Oktober merupakan pameran, penanaman pohon di Hutan Kota Daksa, Sepinggan.

“Dalam kegiatan ini akan diikuti 3.000 peserta, dimana undangan juga ditujukan kepada Gubernur, Bupati dan Wali Kota Se Indonesia serta dari kementerian,” ujar Ivan Ramdani yang juga Perencana Mitigasi Adaptasi Pemprov Kaltim, Senin (10/10/2022).

Kota Balikpapan dipilih BNPB karena merupakan pintu gerbang Kaltim. Kota Balikpapan juga memiliki fasilitas yang memadai untuk menjamu dan melaksanakan kegiatan tersebut.

“Salah satunya juga terkait penunjukkan IKN di Kaltim, yang kita ketahui bukan hanya sekedar wacana, dengan begitu Kota Balikpapan sebagai penyangga IKNnya,” kata Ivan.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan, Silvia Rahmadina mengaku, dari kegiatan ini ada sesuatu yang ingin kita bangun untuk membentuk sebuah ketahanan kota terhadap bencana.

“Kenapa Kaltim terpilih karena temanya Bagaimana Kaltim untuk siap tangguh untuk menjadi ibukota negara baru dan bagaimana untuk rumah resiliensi Indonesia,” ujar Silvia.

Selain itu, ada juga kegiatan talkshow tangguhnya IKN yang kaitannya dengan bagaimana penanggulangan bencana di objek vital. Sehingga dapat memberikan informasi kepada masyarakat dan bagaimana cara pengurangan risiko bencana.

“Rangkaiannya juga ada simulasi bencana, ada juga beberapa seminar nasional yang diadakan diberbagai Hotel di Balikpapan,” akunya. Puncak akan dilakukan pada 14 Oktober 2022 dengan pemberian award tangguh untuk seluruh aktivis-aktivis kebencanaan di Indonesia. (diskominfo/cha/mgm)