Wali Kota Balikpapan Lepas Peserta Kirab Pemuda Menuju Titik Nol IKN

BALIKPAPAN - Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2022, dilaksanakan pelepasan rombongan kirab pemuda di halaman Balaikota Balikpapan, Kamis (27/10/2022). Wali Kota Balikpapan secara resmi melepas 21 mobil peserta kirab pemuda menuju Titik Nol Ibu Kota Nusantara (IKN) Nusantara. Mereka selanjutnya akan mengikuti rangkaian kegiatan Peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Pelepasan kirab pemuda dilakukan Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud didampingi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (DPOP) Balikpapan dan perwakilan Kemenpora RI yang ditandai dengan pengibaran bendera di titik start.

Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud mengatakan, Pemkot Balikpapan mengapresiasi kegiatan kirab pemuda yang diharapkan bisa mewujudkan komitmen akan pentingnya arti sumpah pemuda. Karena bagaimanapun pemuda merupakan generasi pendiri dan penerus bangsa.

“Para pemuda juga berperan dalam membangkitkan semangat para pemuda. Mudah-mudahan peranan pemuda bukan hanya menjadi penonton tapi pelaku di IKN,” tutur Wali Kota Rahmad Mas'ud.

Dirinya berharap, dengan adanya IKN bisa mengangakat peradaban baru menuju Indonesia yang lebih baik dan sejahtera. Karena simbol pemuda merupakan simbol masa depan bangsa.

"Simbol pemuda dulu dan simbol pemuda sekarang berbeda. Yang sering kami sampaikan, pemuda dulu berjuang untuk mempertahankan dan mendirikan negara Indonesia dan pemuda sekarang ini dengan pemindahan IKN berjuang untuk mendukung pembangunan dan IKN di Kaltim," ungapnya.

Ditambahkan Kepala DPOP Kota Balikpapan, Ratih Kusuna, untuk kegiatan kirab pemuda nusantara ini yang mana dilaksanakan didua lokasi di Kutai Kertanegara (Kukar) dan Balikpapan.

“Dari Kukar akan berangkat dari Kerajaan Kedaton kemudian ke titik nol dan menungu di Km 38, sedangkan dari Balikpapan, dari halaman Balai Kota menuju Jalan MT Haryono, Grand City, Jalan Soekarno Hatta Km 38, Semoi Sepaku, di KM 38 ketemu rombongan Kukar dan bergerak bersama menuju titik nol,” kata Ratih Kusuma. (diskominfo/cha/mgm)