Sekolah-sekolah Balikpapan Segera Distribusikan Seragam Gratis

BALIKPAPAN – Rencana pemberian seragam gratis bagi siswa SD, SMP, dan kesetaraan segera terealisasi. Setelah melalui tahapan pengadaan dan proses pembuatan, kini seragam untuk siswa sudah tiba di Kota Balikpapan. Rencananya dalam waktu dekat, seragam dibagikan kepada siswa.

Kepala Disdikbud Balikpapan Purnomo mengatakan, kini seragam sekolah sudah tiba secara bertahap. Pertama untuk pakaian seragam nasional SD yang tiba lebih dulu. Yakni seragam putih merah. Kemudian seragam SMP putih biru dan pramuka.

“Selanjutnya batik Balikpapan. Jadi sudah semua selesai dibuat. Kami juga sudah mendistribusikan pakaian paket SD. Saat ini, seragam SD berada di setiap sekolah. Namun tidak langsung dibagikan ke siswa karena masih menunggu semua seragam tiba dalam pekan ini," tuturnya.

Penyerahan seragam dilaksanakan saat telah lengkap. Dia menyebutkan, total pengadaan seragam berkisar 80 ribuan siswa yang akan menerima seragam gratis. Ini untuk siswa SD kelas 1 dan SMP kelas 7. Serta sekolah swasta dan sanggar kegiatan belajar (SKB).

Mereka semua akan mendapat jatah seragam. Baik siswa paket A setara SD, paket B setara SMP, dan paket C setara SMA. Ada tiga pasang seragam yang diberikan yakni putih biru, pramuka, dan batik untuk siswa SMP/MTs. Kemudian merah putih, batik, dan pramuka untuk SD/MI.

Ada pun Pemkot Balikpapan menganggarkan dana Rp 23 miliar dari APBD Balikpapan untuk pengadaan seragam gratis tersebut. Sementara itu, Kepala SD 011 Balikpapan Tengah Sahidayati mengatakan pihaknya telah menerima seragam untuk pakaian putih merah. "Kami terima seragam untuk 30 orang siswa menyesuaikan jumlah siswa kelas 1," ucapnya.

"Seragam pertama distribusi ke kelompok kerja kepala selolah (K3S) kecamatan. Sehingga memudahkan distribusi. Selanjutnya sekolah masing-masing mengambil ke K3S," tandasnya. Selain seragam putih merah, siswa juga mendapat atribut seragam seperti kaos kaki. (diskominfo/cha/mgm)