Baca Amanat Mensos di Hari Pahlawan, Wali Kota Ajak Berjuang Lawan Kelangkaan Pangan dan Energi

BALIKPAPAN - Pemerintah Kota Balikpapan menggelar Upacara Bendera dalam rangka Hari Pahlawan, Kamis (10/11/2022) di Halaman Balaikota Balikpapan. Bertugas sebagai inspektur upacara, Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud.

Selain di halaman Balaikota, secara serempak upacara juga dilaksanakan di dua lokasi lain yang dimulai pukul 07.45 tepat . Yakni Taman Makam Pahlawan dengan Dandim 0905 sebagai inspektur upacara. Dan KRI Escolar 871 dengan Danlanal sebagai inspektur upacara.

Dalam kesempatan tersebut Wali Kota membacakan amanat Menteri Sosial, Tri Rismaharini untuk peringatan hari Pahlawan. Pertama-tama ia mengajak para hadirin untuk mendoakan para pahlawan yang telah gugur, sehingga kini bangsa Indonesia bisa merasakan kemerdekaan.

"Hari ini kita berada dalam perjuangan besar menaklukkan ancaman dan tantangan yang nyata berada di hadapan kita. Pemanasan global yang memicu beragam bencana alam. Serta kelangkaan pangan, energi dan air bersih, kiranya perlu kita persiapkan dengan sungguh-sungguh," ungkapnya.

Selain itu perlu adanya kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam. Termasuk pandemi COVID–19. Serta kelangkaan sumber daya yang harus senantiasa diperjuangkan secara bersama.

"Marilah kita bergerak bersama dan maju bersama dengan tekad untuk menang. Untuk itu, kita harus meneruskan pengembangan dan pemanfaatan energi baru dan terbaharukan. Melakukan pengembangan sumber pangan berbasiskan potensi dan kearifan lokal, sebagai solusi pemenuhan kebutuhan pangan dan memperkuat keragaman pangan," tuturnya.

Menurutnya, perlu juga dilakukan pengelolaan sumber daya air secara bijak untuk menjamin keamanan dan ketahanan sumber daya air yang diharapkan dapat menopang keberlangsungan hidup dan kehidupan generasi kini dan generasi mendatang.

"Inilah tugas yang sesungguhnya bagi para pejuang muda untuk mengelola kekayaan alam indonesia yang luar biasa. Mari menjadi pahlawan untuk masa depan," ungkapnya.

Selain upacara bendera, Hari Pahlawan juga diperingati dengan penghentian lalulintas dan mengheningkan cipta selama 60 detik. Kegiatan ini dilaksanakan di tiga simpang Kota Balikpapan, yakni Balikpapan baru, Balikpapan Permai, dan Plaza Balikpapan. (diskominfo/cha/mgm)