Balikpapan Raih Tiga Penghargaan di Kegiatan Pindeskel Tahun 2022

BALIKPAPAN - Kota Balikpapan berhasil memboyong tiga penghargaan dalam kegiatan Pekan Inovasi Perkembangan Desa dan Kelurahan (Pindeskel) tahun 2022. Kegiatan ini juga dirangkai dengan Koordinasi Pusat dan Daerah Pindeskel di Gedung Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kemendagri, Jakarta, Kamis (24/11/2022).

Penghargaan pertama yang diterima yakni Upakarya Wanua Nugraha. Ini merupakan penghargaan yang diberikan atas keberhasilan melakukan pembinaan terhadap desa dan kelurahan, sehingga berhasil meraih juara lomba desa dan kelurahan di ajang tingkat nasional. Penghargaan Upakarya Wanua Nugraha Tahun 2022 ini diterima langsung Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud dan diserahkan oleh Wakil Menteri Kemendagri John Wempi.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kota Balikpapan, Alwiati, mengungkapkan, penganugerahan Upakarya Wanua Nugraha merupakan tindak lanjut dari Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 81 Tahun 2015, tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan di Indonesia.

Atas dasar tersebut, Kemendagri menyelenggarakan lomba desa dan kelurahan tingkat regional, Temu Karya Nasional serta Pindeskel kategori penilaian lomba bidang pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan yang dilakukan secara berjenjang, mulai tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi hingga regional.

"Dengan penghargaan ini tentunya tidak berpuas diri. Inj juga menjadi penyemangat untuk kelurahan dalam membuat inovasi lagi. Harapannya setiap kelurahan memiliki inovasi dan menjadi keunggulan setiap kelurahan,” ungkap Alwiati (28/11/2022).

Dalam Pindeskel tahun 2022, Balikpapan juga memperoleh juara pertama lomba desa dan kelurahan tingkat regional III (Wilayah Kalimantan dan Sulawesi) yang diraih oleh Kelurahan Sumber Rejo. Selain itu Balikpapan juga menjadi juara pertama lomba desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Tahun 2022 yang juga diraih kelurahan Sumber Rejo. (diskominfo/cha/mgm)