Gelar Kegiatan Hari Ibu, Nurlena: Pemkot Balikpapan Tak Lepas dari Peranan Para Ibu

BALIKPAPAN - Pemerintah Kota Balikpapan gelar kegiatan dalam rangka peringatan Hari Ibu tahun 2022 dengan tema perempuan berdaya, Indonesia maju, Kamis (22/12/2022) di Aula Balaikota Balikpapan. Dalam kesempatan ini juga dilaksanakan pemberian bingkisan untuk perempuan lintas agama se Kota Balikpapan.

Ketua TP PKK Kota Balikpapan, Nurlena Rahmad Mas'ud yang membuka kegiatan menyampaikan sambutannya terkait peringatan hari ibu. Penuh haru, ia mengajak para hadirin untuk terus bakti pada para ibu.

Ia pun menyampaikan apresiasi pada para Srikandi atau perempuan-perempuan di organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan. Terutama para kepala OPD yang turut serta dalam menyukseskan program-program Wali Kota Balikpapan.

Dalam sambutannya ia menyampaikan, para perempuan di Indonesia kini terlibat dalam berbagai sektor. Seperti di Pemerintah Kota Balikpapan, yang mana banyak juga kepala OPD dijabat para perempuan.

Peran perempuan dalam bidang kesehatan juga sangat penting. Terutama Indonesia beberapa tahun terakhir dihadapkan dengan pandemik COVID-19. "Peran ibu luar biasa. Mengetuk pintu membagikan masker, makan, semangat pada mereka yang harus isolasi COVID-19," ungkap Ketua TP PKK Nurlena Rahmad Mas'ud.

Para ibu di tengah pandemik tetap bisa berani untuk sosialisasi, memberikan semangat luar biasa. Terkendalinya pandemik COVID-19 tak lepas juga dari peranan para ibu.

Peranan perempuan, terutama ibu, dalam rumah tangga juga sangat penting. Tak hanya di rumah tangga, namun juga dalam mendidik anak-anak menjadi pejuang. Terlebih peran Balikpapan sebagai teras Ibu Kota Negara. Ibu di Balikpapan harus siap bersaing menyongsong IKN baru.

"Melalui peringatan Hari Ibu, diharapkan para perempuan bisa terlibat dalam segala aktivitas. Terutama di tengah perekembangan teknologi dan ilmu pengetahuan," ujarnya.

Sementara, mewakili Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud, Staf Ahli Bidang Perekonomian, Doortje Marpaung menyampaikan, peranan pelaku usaha perempuan juga sangat penting di Kota Balikpapan.

"Atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Balikpapan, saya mengucapkan selamat memperingati hari ibu tahun 2022 pada seluruh ibu. Semoga momen ini kita jadi lebih memahami sosok seorang ibu yang telah melahirkan dan merawat kita," urainya.

Ia juga mengajak para hadirin untuk mengenang dan mengingat perjuangan wanita Indonesia, dalam merebut dan mengisi kemerdekaan.

"Peringatan hari Ibu juga jadi momen kebangkitan bangsa kita dalam persatuan dan kesatuan. Peringatan Hari Ibu juga menjadi pendorong untuk memberikan perhatian dan pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan," tandasnya. (diskominfo/cha/mgm)