Wali Kota Gelar Ekspos Akhir Tahun dan Silaturahmi Bersama Ketua RT dan LPM

BALIKPAPAN - Pemerintah Kota Balikpapan menggelar kegiatan ekspos akhir tahun 2022 sekaligus silaturahmi bersama Ketua RT dan LPM se-Kota Balikpapan pada, Senin (26/12/2022) malam di Gedung BSSC Dome Balikpapan. Acara dihadiri Forkopimda Balikpapan, Ketua DPRD Kaltim dapil Balikpapan dan anggota, juga Anggota DPR RI dapil Kaltim.

Selain itu lebih dari 1.700 orang Ketua RT dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) se Balikpapan hadir dalam kegiatan ini. Dalam kegiatan ini Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud diantaranya memaparkan terkait realisasi kegiatan Tahun 2022 serta program prioritas maupun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026.

Salah satu hal yang jadi sorotan adalah rencana wali kota menaikkan dana operasional (DO) RT yang telah direncanakan para perubahan APBD 2023. “DO ini sudah dibahas, nantinya masuk dalam Perubahan APBD 2023,” ungkapnya mengawali paparan.

Ini dikarenakan, RT menjadi ujung tombak dalam program pemerintah yang langsung ke masyarakat. Di mana Balikpapan pada tahun 2023 memiliki Moto yakni Balikpapan Berkolaborasi dan Bersinergi. "Tanpa adanya kerja sama dan sinergi mustahil pembangunan dapat dilaksanakan termasuk keterlibatan RT dan LPM,” tuturnya.

Wali Kota kemudian menyampaikan sejumlah capaian kegiatan 2022. Di antaranya kondisi demografi, kesejahteraan Kota Balikpapan, kondisi perekonomian, realisasi investasi dan penyerapan tenaga kerja, program pengendalian inflasi daerah, kondisi APBD serta realisasi program prioritas 2022.

"Realisasi fisik sampai dengan 26 Desember 2022 mencapai 91,93 persen. Kami targetkan dipenghujung tahun mencapai 95 persen,” tuturnya.

Balikpapan juga menerima Bantuan Keuangan (Bankeu) dari provinsi pada 2022 sebesar Rp100 Miliar. Pada tahun 2023, diharapkan Bankeu provinsi bisa mencapai 300 miliar. Ia berharap disini para anggota DPRD Kaltim yang hadir bisa menyampaikan harapan ini pada Pemerintah Provinsi.

Wali Kota Rahmad Mas'ud juga mengajak para anggota forkopimda untuk terus bersinergi dan berkolaborasi dalam komitmen mengawal pembangunan dan ikut menyukseskan Ibu Kota Nusantara (IKN). (diskominfo/cha/mgm)