Wali Kota Rahmad Mas'ud Serahkan Penghargaan bagi 27 Sekolah Adiwiyata Kota Balikpapan

BALIKPAPAN - Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud menyerahkan Penghargaan Adiwiyata tingkat nasional, provinsi dan mandiri, untuk sekolah-sekolah di Balikpapan, Jumat (30/12/2022). Apresiasi ini diberikan pada sekolah yang berhasil melaksanakan Gerakan Perilaku dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS).

Apresiasi ini merupakan apresiasi tahunan yang diberikan sebagai Pemantik GPBLHS di semua tingkatan. Ini merupakan implementasi dari enam aspek berperilaku Ramah lingkungan Hidup (RPLH).

RPLH ini meliputi, melakukan konservasi energi, konservasi air, kebersihan, fungsi sanitasi dan drainase, pengelolaan sampah, keanekaragaman hayati dan penghijauan, juga inovasi terkait PRLH yang berkontribusi dalam mendukung visi dan misi Kota Balikpapan menjadi Kota yang bersih indah dan nyaman dihuni.

Penyerahan penghargaan oleh Wali Kota Balikpapan juga didampingi Sekda Kota Balikpapan, Muhaimin; Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Sudirman Djayaleksana; dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Purnomo.

Dalam sambutannya, Wali Kota Rahmad Mas'ud mengucapkan selamat dan apresiasi terhadap penerima penghargaan. Sebanyak sembilan sekolah menerima Adiwiyata Mandiri, 12 sekolah menerima Adiwiyata Nasional, dan sembilan sekolah menerima Adiwiyata Provinsi.

"Prestasi ini tak lepas dari kerjasama seluruh pihak, sekolah, guru, komite, serta orang tua dan warga lingkungan sekolah. Sehingga bisa berbudaya lingkungan," ungkapnya.

Ia berharap prestasi yang ada bisa dipertahankan dan ditingkatkan. Dengan adanya penghargaan tersebut diharapkan juga tak membuat pihak-pihak yang terlibat menjadi jumawa. Tapi bagaimana terus mengimplementasikan arti dari Adiwiyata itu sendiri di masyarakat.

"Karena Balikpapan sebagai kota ramah dan cinta lingkungan, tentu ini bisa jadi motivasi. Tidak hanya di sekolah saja, terutama di lingkungan," tuturnya. Lingkungan yang bersih, lanjut dia, mencerminkan masyarakat yang sehat. (diskominfo/cha/mgm)